piala dunia

Belum Bergulir, Piala Dunia 2022 Sudah Mencetak Sejarah

Meski belum bergulir, Piala Dunia 2022 sudah menciptakan rekor baru sepanjang sejarah.

Featured-Image
Stephanie Frappart menjadi salah satu wasit wanita di Piala Dunia 2022 untuk pertama kali (Foto: Twitter @FIFAWorldCup)

bakabar.com, JAKARTA – Meski belum bergulir, Piala Dunia 2022 sudah menciptakan rekor baru sepanjang sejarah.

FIFA untuk pertama kalinya menunjuk wasit wanita untuk memimpin pertandingan Piala Dunia.

Tidak hanya satu, FIFA bahkan menunjuk tiga nama wasit wanit untuk turut serta memimpin 22 pria yang berada dalam 1 lapangan.

Ketiga wasit wanita Piala Dunia 2022 tersebut berasal dari dunia berbeda, mereka adalah Stephanie Frappart (Prancis), Salima Mukansangan (Rwanda), dan Yoshimi Yamashita (Jepang).

Baca Juga: Menjelang Piala Dunia, Bagaimana Persiapan Transportasi di Qatar?

Kondisi ini menunjukkan bahwa tiga wasit wanita yang ditunjuk FIFA memiliki kemampuan yang sama dengan wasit pria dalam hal memimpin sebuah pertandingan bertaraf Internasional.

Selain wasit utama, FIFA juga tiga asisten wasit wanita untuk Piala Dunia 2022, yaitu Neuza Back (Brasil), Karen Diaz Medina (Meksiko), dan Kathryn Nesbitt (Amerika Serikat).

“Kami senang bisa menghitung untuk pertama kali dalam sejarah Piala Dunia dengan wasit Stephanie Frappart (Prancis), Salima Mukansanga (Rwanda), dan Yoshimi Yamashita (Jepang), bersama asisten wasit Neuza Back (Brasil), Karen Diaz Medina (Meksiko), dan Kathryn Nesbitt (Amerika Serikat),” ujar ketua komite wasit FIFA, Perluigi Collina dikutip dari laman resmi FIFA.

Baca Juga: Menang 5-0 atas Uni Emirat Arab, Argentina Bawa Bekal Bagus ke Qatar

“Penunjukan ini merupakan puncak dari proses Panjang yang dimulai sejak beberapa tahun lalu dengan penunjukan wasit wanita di turnamen junior dan senior FIFA,” tambahnya.

Selain sejarah dalam penunjukan wasit wanit untuk pertama kalinya, Piala Dunia 2022 juga memiliki rekor baru lain seperti untuk pertama kalinya dalam sejarah turnamen, FIFA mempersilahkan setiap negara untuk membawa 26 pemain ke Qatar setelah sebelumnya hanya 23 pemain.

Editor


Komentar
Banner
Banner