Relax

Bau Kaki Bikin Ganggu, Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya

apahabar.com, JAKARTA – Bagaimana rasanya jika berada di dekat orang yang memiliki bau kaki, pasti sangat…

Featured-Image
Ilustrasi bau kaki, penyebab dan cara mengetasinya (Foto: dream.co)

bakabar.com, JAKARTA - Bagaimana rasanya jika berada di dekat orang yang memiliki bau kaki, pasti sangat mengganggu bukan?

Banyak yang menganggap sumber bau ini timbul akibat sepatu yang lembab dan kotor, namun hal tersebut tidak sepenuhnya tepat.

Umumnya bau kaki bisa timbul akibat terjadi penumpukan keringat yang dapat menghasilkan pertumbuhan bakteri pada kulit.

Bakteri tersebut yang dapat menyebabkan timbulnya bau pada kaki.

Kaki Lembap karena Keringat Berlebih

Mengutip lama hallosehat, yang menjelaskan jika secara medis, masalah bau kaki dikenal dengan sebutan bromodosis.

Bromodosis sendiri merupakan sebuah kondisi di mana kaki memproduksi keringat berlebihan dan menjadi lembap sehingga muncul aroma tidak sedap. Hal terutama terjadi saat memakai sepatu,

Sebenarnya, kelenjar keringat pada kaki berfungsi untuk melembapkan kulit dan mengatur suhu tubuh, misalnya ketika cuaca sedang panas atau Anda sedang berolahraga.

Namun Ketika keringat terus diproduksi secara berlebih, bisa mengakibatkan berbagai bakteri akan tumbuh untuk memecah senyawa organik pada keringat.

Aktivitas inilah yang akan menghasilkan aroma yang tidak sedap pada kaki.

Faktor Pemicu Bau Kaki

1. Akibat Stress

Saat seseorang sedang mengalami stress biasanya rekasi yang muncul adalah sakit perut, namun ternyata stress juga bisa menimbulkan bau kaki.Hal tersebut dikarenakan tubuh melepaskan hormon kortisol yang akan membuat kelenjar terus memproduksi keringat.

2. Perubahan hormon

Perubahan hormon adalah sesuatu yang pasti dialami oleh setiap manusia, terutama saat memasuki masa pubertas atau kehamilan. Perubahan ini biasanya akan menyebabkan produksi keringat juga bertambah.

3. Hiperhidrosis

Menurut situs NHS, Hiperhdrosis adalah suatu keadaan medis yang akan membuat seseorang dapat memproduksi keringat jauh lebih banyak. Dengan banyaknya keringat yang bisa dihasilkan otomatis dapat menyebabkan bau baik badan ataupun kaki.

HALAMAN
12


Komentar
Banner
Banner