Liga Champions

Barcelona Akhirnya ke 16 Besar Liga Champions Usai Absen Dua Musim

Barcelona meraih tiket menuju babak 16 besar Liga Champions setelah mengalahkan Porto dengan skor 2-1 di Estadi Olímpic Lluís Companys, Rabu (29/11).

Featured-Image
Barcelona sukses mengalahkan Porto di Liga Champions 2023/2024. Foto: x/fcbarcelona

bakabar.com, JAKARTA - Barcelona sukses meraih tiket 16 besar Liga Champions 2023/2024 usai mengalahkan Porto 2-1 di Estadi Olímpic Lluís Companys, Rabu (29/11) dini hari WIB.

Meski sempat tertinggal terlebih dulu lewat Pepe Aquino (30'), Blaugrana berhasil membalikan kedudukan berkat gol yang diciptakan Joao Cancel (32') dan Joa Felix (57').

Kemenangan ini sekaligus membuat Blaugrana pertama kalinya melaju ke fase sistem gugur Liga Champions dalam tiga musim terakhir. Pasalnya, dua kesempatan sebelumnya mereka selalu tersingkir di babak penyisihan grup.

Baca Juga: Lazio dan Atletico Madrid Lolos ke 16 Liga Champions

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez bangga dengan pencapaian timnya. Apalagi, tim Catalan itu semakin kokoh di puncak klasemen grup H dengan 12 poin, unggul 3 angka atas Porto dan Shakhtar Donetsk di posisi ke-2 dan ke-3.

"Kami sangat membutuhkan pencapaian ini setelah dua tahun absen. Tim memberikan reaksi yang luar biasa dan menunjukkan mentalitas pemenang pada beberapa kesempatan. Kemenangan ini merupakan hal yang wajar bagi kami," kata Xavi dilansir footballespana.

Xavi juga menambahkan para pemainnya mulai berani dalam mengambil keputusan di pertandingan itu. 

Baca Juga: AC Milan vs Dortmund 1-3: Die Borussen ke 16 Besar dari Grup Neraka

Menurutnya, jeda internasional memiliki dampak positif bagus skuat timnya karena menunjukkan peningkatan signifikan dalam segi permainan.

"Ini saatnya untuk lebih berani dan terus menekan. Saya sangat senang dengan performa tim pada babak kedua yang sangat positif," tambahnya.

Keberhasilan itu menjadi langkah penting bagi Barcelona yang telah absen selama dua musim di antara 16 tim terbaik di Eropa. 

Xavi menegaskan bahwa pencapaian ini memberikan kepuasan dan meningkatkan kepercayaan diri, terutama bagi para pemain.

Baca Juga: Barcelona vs Porto, Tekad Blaugrana Bangkit dari Keterpurukan

"Ini adalah langkah yang sangat penting ke arah yang benar. Pencapaian ini memiliki makna besar bagi klub. Kami berhasil mencapai target pertama kami di Liga Champions, dan hal ini memberikan ketenangan dan peningkatan kepercayaan diri, khususnya bagi para pemain," ungkap Xavi.

Dengan hasil ini, Blaugrana akan mengikuti proses undian babak sistem gugur yang dijadwalkan berlangsung di Nyon, Swiss, Senin (18/12) mendatang.

Editor


Komentar
Banner
Banner