Tak Berkategori

Bangun SPKLU Perdana untuk Bus Listrik, PLN Gandeng DAMRI dan TEB

apahabar, JAKARTA – PT PLN (Persero) bekerjasama dengan Perum DAMRI dan PT Tri Energi Berkarya (TEB)…

Featured-Image

apahabar, JAKARTA - PT PLN (Persero) bekerjasama dengan Perum DAMRI dan PT Tri Energi Berkarya (TEB) dalam pengadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama untuk bus listrik. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan yang dilakukan oleh PLN Unit Induk Distrbusi (UID), DAMRI dan TEB di Booth PLN, Periklindo Electric Vehicles Show (PEVS) JIExpo Kemayoran pada 25 Juli 2022.

General Manager PLN UID Jaya Doddy B. Pangaribuan mengatakan kalau kerja sama ini menggunakan skema provide, Privately Owned and Operated (PPOO), dalam hal ini PLN selaku pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik akan menyediakan infrastruktur SPKLU dan Platform teknologi informasi melalui menu Electric Vehicle yang terdapat dalam aplikasi PLN Mobile. Dari Pihak DAMRI akan berperan sebagai penyedia lahan dan TEB akan mempersiapkan SPKLU dari mulai pengoperasian sampai dengan pemeliharaannya.

"Kita berharap 1 SPKLU bisa melayani 10 kendaraan listrik. Jakarta sendiri masih punya cadangan listrik 36 persen, jadi jangan khawatir untuk pasokan listriknya,” ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

General Manager DAMRI cabang Jakarta Rahmat Santoso juga meyampaikan sebagai langkah awal Damri akan mengerahkan 53 unit bus merek E-Inobus untuk angkutan di daerah Bandung dan Surabaya. Sedangakan satu bus merek Edison Motors yang akan menjadi angkutan bandara.

Direktur PT TEB Tania Natasha Andrika juga berharap kalau langkah kolaborasi ini bisa mendukung program pemerintah dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

"Kami berkomitmen untuk mengutamakan kualitas dan layanan sebagai operator SPKLU untuk kenyamanan pengguna mobil listrik. Kami sangat mendukung program pemerintah untuk pengembangan EV," ungkap Tania. (Thomas)



Komentar
Banner
Banner