Kaesang Masuk Partai

Bambang Pacul Bela Kaesang: Dia Bukan Keluarga Inti Jokowi!

Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto membela anak Jokowi, Kaesang Pangarep yang bergabung dengan PSI

Featured-Image
Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul (foto:apahabar.com/dianfinka)

bakabar.com, JAKARTA - Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto membela anak Jokowi, Kaesang Pangarep yang bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Sebab Kaesang dinilai bukan anggota keluarga inti dari Jokowi yang merupakan kader PDI Perjuangan.

"AD/ART persoalan internal kita kan, internal partai masing-masing toh. Nah, itu ada apa engga (aturan keluarga inti harus satu partai)? Jangan asumsi kira-kira, jangan dong, yang namanya keluarga inti tuh kalau sudah gede ya bukan keluarga inti," kata Bambang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (25/9).

Baca Juga: Gibran Bantah Jokowi Restui Kaesang Masuk PSI

Pria yang akrab disapa Bambang Pacul menerangkan bahwa setiap individu memiliki hak politik secara subjektif. Maka Kaesang pun dinilai tak masalah, terlebih ia telah dewasa dan berpisah dengan Kartu Keluarga (KK) dengan Jokowi. 

"Yang namanya keluarga inti kalau kamu sudah tua itu bukan keluarga inti, keluarga inti itu suami istri dan anak, kan gitu. Tapi kan kalau sudah gede anaknya bikin Kartu Keluarga sendiri," ujarnya.

Baca Juga: Ketua PSI Solo Bicara Optimis Kaesang jadi Ketua Umum

Meski demikian, dia meminta agar pertanyaan terkait kebijakan politik partainya menyangkut bergabungnya Kaesang ke PSI ditanyakan kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto. 

"Saya tidak mengatakan enggak masalah atau masalah (Kaesang gabung PSI), saya mengatakan kalau soal kebijakan politiknya tanyakan kepada Pak Sekjen," pungkasnya.

Baca Juga: Kaesang Tanggapi Aturan PDIP Satu Keluarga Harus Partai Sama

Sebelumnya, Kaesang resmi menjadi anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ditandai dengan diserahkannya Kartu Tanda Anggota (KTA) PSI oleh Ketua Umum Giring Ganesha.

Penyerahan KTA digelar di kediaman Jokowi di Jalan Kutai Utara No.1 Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, pada Sabtu (23/09).

Penyerahan KTA itu disaksikan oleh istri Kaesang, Erina Gudono. Sejumlah jajaran pengurus PSI juga hadir, di antaranya Ketua Umum PSI Giring Ganesha, Ketua Dewan Pembina PSI Jeffry Geovani, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka, serta Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni.

Usai mendapatkan KTA PSI yang berukuran cukup besar, Kaesang menjelaskan bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan sejumlah fungsionaris PSI cukup lama. Karena itu, Kaesang menampik jika kedekatannya dengan PSI baru-baru ini saja.

Editor


Komentar
Banner
Banner