Tak Berkategori

Ayo, Tukar Botol Plastik dengan Tumbler

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin terus berupaya mengurangi sampah plastik. Kali ini, duet kepimpinan Ibnu…

Featured-Image
Gerakan 1000 Tumbler. Foto-istimewa

bakabar.com,BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin terus berupaya mengurangi sampah plastik. Kali ini, duet kepimpinan Ibnu Sina-Hermansyah mengajak warga menukarkan sampah dengan botol air minum atau tumbler.

Ajakan itu akan dilaksanakan dalam bentuk nyata di Siring Patung Bakantan, pada pukul 07.00 Wita, Minggu (3/2/2019).

“Acara itu dinamai dengan gerakan 1000 tumbler. Tujuannya untuk membiasakan masyarakat untuk tidak lagi ketergantungan dengan kantongan plastik,” terang Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina saat ditemui baru-baru ini.

Baca Juga:Rekayasa Lalu Lintas Proyek Penggantian Jembatan Sungai Alalak

Dengan membawa tumbler yang diisi air minum dari rumah untuk persiapan aktivitas keseharain, harapannya dapat mengurangi sampah plastik di Banjarmasin. Tidak hanya itu, membawa tumbler juga bisa menghemat pengeluaran, karena tidak lagi harus membeli air botol kemasan.

"Kepada warga Banjarmasin ayo bawa sampahnya ke Siring Bakantan, tukarkan dengan tumbler," himbaunya kembali.

Ibnu menjelaskan, penukaran sampah yang ditukarkan jenis sampah botol plastik dan plastik gelas air mineral. Pergantian untuk botol plastik disyaratkan berjumlah 10 buah untuk satu tumblernya, kemudian 25 buah untuk sampah plastik gelas air mineral.

"10 botol plastik ditukar dengan satu tumbler, kalau gelas plastik 25 buah," katanya.

Syarif salah satu panitia acara penambahkan, karena ini acara dalam rangka mensukseskan bebas kantong plastik.

Saat menyerahkan sampah botol tersebut dilarang keras menggunakan kantong plastik atau kresek. Warga diharapkan membawa kantongan yang ramah lingkungan, seperti tas kertas atau kantongan berbahan kain.

Namun, penukaran tumbler nanti di Siring Tendean, sedangkan di Patung Bakantan hanya penukaran kuponnya saja. "Sampah ditukar kupon. Kemudian kupon ditukarkan tumbler," bebernya.

Baca Juga:Januari, Tercatat 108 Penderita DBD di Kabupaten Banjar

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner