Sepak bola nasional

Asyik! DPR RI Setujui Rekomendasi Kewarganegaraan untuk 3 Calon Pemain Naturalisasi

Komisi III dan Komisi X DPR RI menyetujui untuk memberikan rekomendasi kewarganegaraan kepada tiga calon pesepak bola naturalisasi.

Featured-Image
DPR RI beri rekomendasi Kewarganegaraan RI kepada tiga calon pemain naturalisasi. (Foto: dok. pssi)

bakabar.com, JAKARTA - Komisi III dan Komisi X DPR RI menyetujui untuk memberikan rekomendasi kewarganegaraan kepada tiga calon pesepak bola naturalisasi yakni Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Keputusan itu didapat setelah Komisi III dan X DPR RI mengadakan rapat kerja dengan Plt Menpora Muhadjir Effendy yang juga dihadiri oleh Wakil ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Ratu Tisha Destria, anggota Exco PSSI Endri Erawan, Sekjen Yunus Nusi, dan Direktur Teknik Indra Sjafri di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta pada Senin (20/3).

“Memutuskan menyetujui rekomendai Kewarganegaraan RI tiga atlet sepak bola atas nama Justin Quincy Hubner, Ivar Jenner dan Rafael William Struick, dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Ketua Komisi X Syaiful Huda dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca Juga: Indonesia Vs Burundi di FIFA Matchday, STY Akui Buta Kekuatan Lawan

Meski memberi persetujuan rekomendasi Kewarganegaraan RI, Komisi III dan X memberi catatan kepada PSSI agar melakukan pembinaan usia muda dengan baik.

DPR RI menilai bahwa road map pembinaan atlet usia muda sangat penting agar naturalisasi tidak sering dilakukan.

“Terima kasih kepada Komisi III dan X DPR RI serta Plt Menpora atas atensinya terhadap sepak bola. Tadi ada catatan dari Komisi X, mengenai road map, kami sedang dalam tahap penyesuaian road map kita,” ujar Zainudin Amali.

Amali juga menambahkan bahwa PSSI memiliki rencana strategis yang tertuang dalam Visi PSSI 2045. Ada empat fase menuju visi tersebut, yaitu pemulihan (tahun 2023), pengembangan (tahun 2024-2028), performa (2028-2034), keemas an (2034-2045).

Baca Juga: Hokky Caraka Berambisi Cetak Sejarah di Piala Dunia U-20

“Draft road map akan kami berikan satu setengah bulan setelah ini kepada Komisi X DPR RI, berdasarkan Visi PSSI 2045,” tambah Amali.

“Kehadiran ketiga atlet tersebut sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Mereka juga sudah banyak berpengalaman bermain di Liga Eropa. Naturalisasi adalah proses jangka pendek, pembinaan tetap masuk dalam proses jangka panjang,” pungkas mantan Menpora itu.

Editor
Komentar
Banner
Banner