Inovasi Apple

Apple Pilih Kembangkan Perangkat Layar Gulung Ketimbang Ponsel Lipat

Apple nampaknya tidak ingin mengikuti tren ponsel dengan layar lipat. Perusahaan teknologi itu dilaporkan telah mengajukan paten untuk layar gulung.

Featured-Image
Apple disebut sedang mematenkan teknologi layar gulung (Foto: Appleinsider)

bakabar.com, JAKARTA - Apple nampaknya tidak ingin mengikuti tren ponsel dengan layar lipat. Pasalnya, perusahaan raksasa teknologi itu dilaporkan telah mengajukan paten untuk Electronic Devices with Rollable Displays.

Mengutip dari AppleInsider, Kamis (20/7), Apple telah mengerjakan ide ini sedari tahun 2017 lalu.

"Perangkat elektronik mungkin memiliki layar yang dapat digulung. Layar dapat dipindahkan antara keadaan tidak digulung, di mana layarnya datar dan keadaan layar yang dapat digulung untuk penyimpanan," tulis Apple dalam permohonan paten itu.

"Layar mungkin memiliki panel layar dengan susunan piksel yang menghasilkan gambar dan lapisan pelindung transparan yang tumpang tindih dengan susunan piksel," imbuhnya.

Baca Juga: TikTok Music Tawarkan Beragam Fitur Baru Dibanding Spotify dan Apple

Layaknya ponsel lipat, masalah dalam layar gulung adalah bagaimana cara untuk membuat layar tetap berfungsi saat ditekuk pada beberapa sumbunya.

Permohonan paten ini menjelaskan secara luas apa yang diperlukan, dan bagaimana hal itu dapat dicapai.

Lapisan pelindung transparan itu juga terdengar menarik, karena Apple menyatakan bahwa layar itu mungkin mengandung lapisan kaca.

Lapisan kaca itu dapat ditipiskan, di bagian yang dapat digulung untuk memfasilitasi penggulungan layar.

"Misalnya, layar yang fleksibel, mungkin sebagian atau seluruhnya sehingga dapat ditempatkan dalam bentuk yang ringkas untuk penyimpanan," ungkapnya.

Baca Juga: Rumor Apple Kembangkan Laptop Lipat MacBook Foldable, Saingi Asus?

Apple pun sedang berusaha untuk mengembangkan layar yang dapat menjadi fleksibel saat digulung, namun tidak menyebabkan bengkok atau rusak saat disentuh.

Nampaknya, sulit memercayai bahwa Apple akan meluncurkan layar gulung ini dalam waktu dekat.

Usaha paten ini dapat disebut sebagai langkah Apple untuk mematenkan idenya, sebagai cara untuk mencegah saingan dari perusahaan teknologi lainnya dalam mendapatkannya.

Editor


Komentar
Banner
Banner