Macbook Terbaru

Rumor Apple Kembangkan Laptop Lipat MacBook Foldable, Saingi Asus?

Apple tengah mengembangkan laptop layar lipatnya (foldable), yang digadang untuk menyaingi Asus yang telah lebih dulu merilis lini Zenbook Fold-nya.

Featured-Image
Asus Zenbook 17 Fold OLED (Foto: Gizmochina)

bakabar.com, JAKARTA - Apple tengah mengembangkan laptop layar lipatnya (foldable), yang digadang untuk menyaingi Asus yang telah lebih dulu merilis lini Zenbook Fold-nya.

Melansir laman Gizmochina, Senin (10/7), Apple dilaporkan sedang dalam pembicaraan dengan pemasok, untuk dapat menghadirkan MacBook layar lipat ke pasar.

Jika berhasil, langkah ini disebut akan dapat menyuntikkan kehidupan baru ke dalam industri layar dalam sebuah perangkat teknologi.

Dalam menanggapi kejenuhan dari pasar smartphone, produsen layar Korea seperti Samsung Display dan LG Display kini tengah mengarahkan fokus mereka kepada panel OLED untuk lini laptop.

Baca Juga: Apple Vision Pro Hadirkan Mode Tamu, Bisa Berbagi Gawai dengan Teman

Dengan meningkatnya permintaan panel OLED yang dapat dilipat untuk laptop, kedua perusahaan tersebut sedang berupaya untuk mengembangkan dan memproduksi panel seperti itu.

Masuknya Apple ke dalam pasar layar lipat ini dsebut akan berdampak besar, mengingat pengaruh perusahaan itu terhadap pasar.

Laporan itu menunjukkan bahwa ukuran layar yang lebih besar menawarkan profitabilitas (keuntungan) yang lebih tinggi bagi produsen panel.

Meski hal tersebut banyak tantangan untuk mencapai kerapatan piksel yang lebih tinggi pada dimensi layar yang lebih besar.

Baca Juga: 10 Laptop Terbaik 2023 Mulai dari Dell hingga Macbook, Harganya?

Keuntungan layar lipat untuk laptop disebut lebih tinggi, ketimbang layar lipat untuk smartphone.

Akibatnya, ini dilirik sebagai peluang menarik bagi para produsen layar dalam memanfaatkan pasar untuk laptop lipat.

Laptop layar lipat memang merupakan konsep yang baru lahir, tetapi teknologi ini telah memberi perubahan yang signifikan.

Kemampuan untuk dapat melipat laptop menjadi dua bagian menawarkan kemungkinan baru penggunaannya.

Baca Juga: Apple Buka Penawaran Laptop MacBook Air 15 Inci, Berapa Harganya?

Bagi orang-orang profesional, kemajuan ini bisa memberikan fleksibilitas yang lebih leluasa bagi penggunanya, tanpa perlu mengorbankan ruang dari layar ataupun performa.

Konsumsi untuk penggunaan media juga ikut mengalami revolusi, dimana kini penggunanaya dapat menikmati layar yang lebih besar untuk menikmati film ataupun video.

Detail mengenai spesifikasi MacBook foldable memang belum terungkap hingga kini.

Peluncuran resmi diharapkan akan terjadi pada tahun 2026, Apple berencana untuk meluncurkan MacBook layar lipatnya pada tahun 2025 nanti.

Editor
Komentar
Banner
Banner