Perangkat Apple Terbaru

Apple Siap Merilis iPad Air, iPad Pro dan MacBook Air, Intip Speknya

Apple tengah mempersiapkan peluncuran perangkat terbarunya, yaitu iPad Air, iPad Pro, dan MacBook Air yang diperkirakan akan hadir pada musim semi ini.

Featured-Image
Apple berencana hadirkan iPad Pro. Foto: dok. Apple

bakabar.com, JAKARTA - Apple tengah mempersiapkan peluncuran perangkat terbarunya, yaitu iPad Air, iPad Pro, dan MacBook Air yang diperkirakan akan hadir pada musim semi 2024.

Dalam laporan Mac Rumors yang dilansir Minggu (21/1), kabar perilisan perangkat baru Apple itu pertama kali diungkap oleh pakar teknologi yang juga jurnalis dari Bloomberg, Mark Gurman.

Setelah perangkat-perangkat tersebut dirilis pada musim semi Maret-April, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat akan memprioritaskan fokusnya untuk menyiapkan konferensi pengembang tahunan Apple WWDC (Worldwide Developers Conference), Juni 2024.

Untuk iPad Air dikabarkan bakal tersedia dengan ukuran layar 10,9 inci dan 12,9 inci.

Baca Juga: Samsung Bukan Lagi Ponsel Terlaris Dunia, Posisinya Digeser Apple?

Fitur yang dirumorkan atau mungkin ada untuk model iPad Air berikutnya mencakup chip M2 Apple untuk kinerja yang lebih cepat.

Lalu ada kamera belakang yang didesain ulang, dukungan Wi-Fi 6E, dan Bluetooth 5.3. Diprediksi tidak ada perubahan desain secara besar-besaran pada iPad Air model baru.

Saat ini, iPad Air generasi kelima sebagai model yang beredar di pasaran menggunakan chip M1 rilisan Maret 2022.

Sementara iPad Pro, yang bakal hadir dengan ukuran 11 inci dan 13 inci, bakal dilengkapi layar OLED.

Baca Juga: Viral! Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra Kalah dengan iPhone 15 Pro Max

iPad Pro dengan layar berteknologi OLED akan membawa peningkatan kecerahan, rasio kontras lebih tinggi, dan konsumsi daya lebih rendah.

Adapun perangkat Apple yang sudah menggunakan layar OLED di antaranya iPhone dan Apple Watch terbaru.

Besar kemungkinan karena peralihan ke OLED, model iPad Pro berikutnya diperkirakan akan lebih mahal.

Kehadiran layar OLED akan memungkinkan kecepatan refresh turun lebih jauh hingga 10Hz atau lebih rendah untuk menghemat masa pakai baterai.

Baca Juga: Apple Sediakan Jutaan Rekaman Musik Klasik, Bisa Digunakan di iPad

Sementara model iPhone 14 Pro dan iPhone 15 Pro dapat mencapai frekuensi serendah 1 Hz saat berada dalam mode tampilan selalu aktif.

Fitur lain yang mungkin ada untuk model iPad Pro anyar mencakup chip M3 terbaru dari Apple untuk kinerja yang lebih cepat, pengisian daya nirkabel MagSafe.

Lalu Magic Keyboard yang didesain ulang dengan trackpad lebih besar dan casing atas aluminium.

Sama halnya dengan Pad Air, perubahan pada bagian kamera belakang juga dimungkinkan untuk iPad Pro. iPad Pro saat ini dengan chip M2 dirilis pada Oktober 2022.

Baca Juga: Qualcomm Klaim Chipset Snapdragon X Elite Lebih Unggul dari Apple M3

Sementara, MacBook Air juga bakal membawa perubahan berupa chipnya yang menjadi M3 yang akan hadir dalam dua ukuran yaitu 13 inci dan 15 inci yang dirilis bersamaan di tahun ini.

Perusahaan teknologi itu telah memperbarui MacBook Pro 14 inci, MacBook Pro 16 inci, dan iMac 24 inci dengan chip M3 tahun lalu.

Kabarnya tidak ada perubahan desain besar untuk MacBook Air tahun ini, tetapi, laptop tersebut kemungkinan akan mendapatkan dukungan untuk Wi-Fi 6E seperti Mac lainnya.

Perusahaan terakhir kali memperbarui MacBook Air 13 inci pada Juli 2022, sedangkan MacBook Air 15 inci pertama dirilis pada Juni 2023.

Editor
Komentar
Banner
Banner