APN 2023

Apkasi Dorong Belanja Produk Dalam Negeri Pemerintah Mencapai Rp1.171 Triliun

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mendorong belanja produk dalam negeri Pengadaan Barang Jasa (PBJ) pemerintah dapat mencapai 95 persen a

Featured-Image
Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro (tengah) didampingi Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan (kiri) dan Direktur Pasar Digital Pengadaan LKPP Yulianto Prihhandoyo (kanan) saat prosesi Opening Ceremony APN 2023 di JCC Jakarta, Senin (27/11). Foto: Dok. Humas Apkasi

bakabar.com, JAKARTA - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mendorong belanja produk dalam negeri Pengadaan Barang Jasa (PBJ) pemerintah dapat mencapai 95 persen atau senilai Rp1.171 triliun.

Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan menekankan 95 persen dari pagu anggaran barang dan jasa itu harus didorong untuk dibelanjakan Produk Dalam Negeri (PDN).

“Melalui momentum kegiatan APN 2023 ini, pemerintah daerah, kementerian dan lembaga dapat berinteraksi langsung dengan para penyedia barang dan jasa untuk membeli produk yang masih dibutuhkan untuk Tahun Anggaran 2023 atau paling tidak mencari produk yang dibutuhkan untuk Tahun Anggaran 2024,” katanya dikutip Selasa (28/11).

Baca Juga: Kadin-Apkasi Beri Solusi Atasi Sampah di Indonesia

Hal tersebut diungkapkannya dalam pembukaan Apkasi Procurement Network 2023: Expo dan Forum (APN 2023) yang berlangsung di Hall C, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Senin (27/11).

Sutan Riska juga melaporkan bahwa even APN yang telah terselenggara sebanyak 4 (empat) kali ini bukan hanya sekedar exhibition, namun juga memberikan pembelajaran kepada para pengguna anggaran terkait dengan pengelolaan PBJ melalui workshop dan business matching yang menjadi side event.

“Selain itu, kami juga membuka ruang konsultasi kepada pengunjung pemda dan penyedia barang/jasa dengan LKPP dan Kementerian Perindustrian terkait penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri atau biasa disebut TKDN," katanya.

Baca Juga: Kolaborasi Kadin-APKASI Dorong Green Environment

Sutan Riska juga menegaskan pihaknya membuka diri bekerja sama dengan semua pihak termasuk swasta, selain selama ini sudah menjadi mitra strategis pemerintah.

“Seperti misalnya dalam APN 2023 kami siap berkolaborasi dengan perusahaan dan asosiasi yang siap membangun jaringan infrastruktur internet sehingga tingkat penetrasinya mampu mencapai daerah terpencil, terluar dan tertinggal sebagai syarat modal suatu daerah dalam bertransformasi secara digital berbasiskan internet,” ujarnya.

HALAMAN
12
Editor
Komentar
Banner
Banner