News

Antisipasi Penyakit HIV Aids, Ratusan WBP di Lapas Tanjung  Tabalong Jalani Skrining Kesehatan

Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIB Tanjung, Tabalong menjalani pemeriksaan kesehatan atau skrining awal penyakit menular. 

Featured-Image
Satu-persatu warga binaa di Lapas Tanjung melakukan pemeriksaan kesehatan. Foto: Humas Lapas Tanjung

bakabar.com,TANJUNG - Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIB Tanjung, Tabalong menjalani pemeriksaan kesehatan atau skrining awal penyakit menular. 

Pemeriksaan ini meliputi skrining HIV/Aids, Sifilis dan batuk, Sabtu(14/9) di aula Lapas setempat.

Kepala Lapas Tanjung, Hakim Sanjaya,mengatakan ada 359 warga binaan yang mengikuti skrining kesehatan ini.

"Pelaksanaan skrining ini melibatkan petugas kesehatan dari Dinkes, 9 orang dari Puskemas Mabuun dan 1 orang Dokter Klinik Lapas Tanjung," ucapnya.

Menurut Hakim, pemeriksaan kesehatan ini bertujuan  untuk mengetahui ada tidaknya warga binaan yang mengidap penyakit HIV/AIDS, Sifilis dan TB.

"Jadi skrining ini merupakan langkah awal yang penting untuk mendeteksi dini kasus HIV/AIDS, Sifilis dan TB di dalam Lapas," jelasnya.

"Dengan adanya skrining ini kami harapkan bisa segera memberikan penanganan yang tepat bagi mereka yang terdeteksi positif, serta mencegah penyebaran lebih lanjut," sambung Hakim.

Hakim bilang kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Lapas Tanjung dalam memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada para WBP. 

Ia pun berharap  WBP dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit menular.

"Kami juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas hidup para WBP dan mencegah terjadinya penyebaran penyakit menular di dalam Lapas," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner