Nasional

Angkatan Laut Kotabaru Bangun Pos di Jalur Pelayaran Internasional

Berbagai upaya terus dilakukan jajaran pangakalan angkatan laut (Lanal) Kotabaru, Kalsel demi mengamankan wilayah laut.

Featured-Image
Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Hapsoro didampingi istri saat meresmikan Poskamlatas di wilayah jalur lintas internasional. Foto : Yusuf for apahabar.com

bakabar.com, KOTABARU - Berbagai upaya terus dilakukan jajaran pangakalan angkatan laut (Lanal) Kotabaru, Kalsel, demi mengamankan wilayah Indonesia.

Baru-baru ini, mereka membangun Pos Kemananan Laut Terbatas (Poskamlatas) di wilayah strategis yakni di jalur pelayaran internasional.

Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Hapsoro mengemukakan Poskamlatas telah berfungsi dan telah diresmikan.

Sementara posisi pos sendiri berada di tempat yang cukup strategis yakni kawasan Desa Sesulung, Kecamatan Pamukan Selatan, Kotabaru.

Baca Juga: Kepala BKD Kalsel soal Sanksi Madun: Tanyakan ke Sekdaprov

Baca Juga: Breaking News! 5 Rumah Dinas Guru SDN 2 Kemuning Banjarbaru Hangus Terbakar

Menurutnya, Poskamlatas Lanal Kotabaru yang baru diresmikan tersebut posisinya menghadap langsung ke Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

Keberadaan pos telah dilengkapi dengan sarana penunjang dan memiliki nilai strategis dalam upaya mendeteksi dini, pengawasan, pencegahan dan penindakan tindak pidana di jalur laut atau maritim.

"Posisi itu merupakan lintasan dalam yang ekonomis dan aman untuk dilalui. Sebab, di sana menghubungkan lalulintas pelayaran dan perdagangan berkelas international," ucap Hapsoro, kepada bakabar.com, Kamis (1/2) malam.

Kendati demikian, Danlanal Kotabaru ini juga menekankan agar para prajuritnya yang bertugas di Poskamlatas dapat menjalankan tugas dengan baik.

Selain menjaga keamanan laut, juga bisa berkiprah banyak, sehingga keberadaannya dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

"Agar tugas berjalan maksimal, prajurit juga harus bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk instansi pemerintahan setempat," tegasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner