News

Enam Gunung Api Setinggi Semeru Ditemukan di Dasar Laut Banda

apahabar.com, JAKARTA – Fakta mengejutkan ditemukan oleh Ekspedisi Jala Citra 2-2022 ‘Banda’ Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut…

Featured-Image
Gunung Banda yang menjadi gunung berapi sekaligus pulau di Laut Banda. Foto: Shutter Stock

bakabar.com, JAKARTA – Fakta mengejutkan ditemukan oleh Ekspedisi Jala Citra 2-2022 ‘Banda’ Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut di Laut Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Mereka menemukan pegunungan enam gunung berapi yang rata-rata memiliki ketinggian setara Gunung Semeru. Diketahui Semeru di Jawa Timur yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

“Ditemukan enam gunung yang tidak kecil, karena setinggi 3.400 meter,” papar Komandan Pusat Hidro-Oseanografi AL Danpushidrosal TNI AL, Laksya TNI Nurhidayat, seperti dilansir CNN, Jumat (22/7).

“Ketinggian 3.400 meter itu hampir sama dengan Gunung Semeru. Kalau efek getaran Gunung Semeru sudah sedemikian terasa, bagaimana kalau gunung-gunung di Laut Banda bergetar?” imbuhnya.

Ekspedisi Jala Citra 2-2022 ‘Banda’ Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut melakukan melakukan pelayaran selama 35 hari, setelah dilepas Menteri Kelautan dan Perikanan dan Kepala Staf Angkatan Laut, Sabtu (16/7).

Namun demikian, hasil ekspedisi belum menyimpulkan status keenam gunung tersebut. Penyebabnya mereka terkendala cuaca buruk dan gelombang tinggi, sehingga beberapa sampel belum berhasil diangkat dari bawah permukaan laut.

“Belum diketahui soal aktif atau pasif keenam gunung itu. Namun bisa dibayangkan efek yang dihasilkan, kalau seandainya gunung itu beraktivitas,” beber Nurhidayat

Dari enam gunung berapi yang ditemukan di bawah Laut Banda, dua di antaranya sudah diberi nama. Angkatan Laut pun meminta Pemkab Maluku Tengah memberikan usulan, sehingga nama-nama tersebut dikirim ke Unisco untuk disidangkan.

Sebagai laut terdalam di Indonesia, Laut Banda merupakan kaldera besar, penuh misteri dan kompleks, lantaran berada di dua lempeng utama bumi.



Komentar
Banner
Banner