Nasional

Anak Desa di Tabalong Pimpin Kanwil Kemenag Kaltara

Putra ‘Banua’ Kalimantan Selatan resmi memimpin Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Utara, Kamis (28/12/2023). Dia adalah Dr. H Taufik Rahman S.Ag M.Pd,

Featured-Image
Dr. H Taufik Rahman S.Ag M.Pd, resmi memimpin Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Utara, Kamis (28/12/2023). Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Putra ‘Banua’ Kalimantan Selatan resmi memimpin Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Utara, Kamis (28/12/2023). Dia adalah Dr. H Taufik Rahman S.Ag M.Pd, kelahiran Dusun Batu Pulut, Desa Nawin, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, 25 Oktober 1970 lalu.

Taufik dilantik Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjadi Kepala Kanwil Kemenag Kaltara di Surabaya, Kamis (28/12). Sebelumnya, dia menjabat Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin.

"Jabatan ini merupakan amanah dan kepercayaan besar yang harus saya laksanakan. Insya Allah, saya akan menjalankan amanah ini dengan sepenuh hati,’’ kata Taufik kepada wartawan seusai menjalani pelantikan.

Lingkungan Kementerian Agama bukanlah asing bagi Taufik. Sejak lulus sebagai sarjana dari IAIN Antasari Banjarmasin tahun 1995, dia diterima bekerja di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong.

Kariernya terus menanjak dari kepala seksi hingga kemudian menjadi kepala Kantor Kemenag Tabalong pada 2017. Pada 2022, dia memimpin Kantor Kemenag Kota Banjarmasin dan sekarang dipercaya menakhodai Kantor Wilayah Kemenag Kaltara.

"Saya anak desa dari keluarga sederhana yang meniti karier dari bawah,’’ tutur Taufik.

Sambil bekerja, Taufik juga melanjutkan pendidikannya sehingga berhasil meraih gelar Magister (S-2) dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin pada 2014 dan Doktor (S-3) dari Universitas Islam Nusantara Bandung pada 2021.

Suami dari Hj Noormilawati SE dan ayah tiga anak itu juga aktif di organisasi. Taufik tercatat aktif di Forum Komunikasi dan Silaturrahmi Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Foksika PMII), Banser Kabupaten Tabalong, MUI Tabalong, Wakil Ketua Tanfiziah PC Nahdlatul Ulama Tabalong, Ketua I Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Tabalong, dan Majelis Mustasyar Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tabalong.

Ditanya program yang menjadi prioritasnya sebagai kepala Kanwil Kemenag Kaltara dalam waktu dekat, Taufik mengatakan, akan melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor-kantor kemenag untuk meminta dukungan dalam melaksanakan tugas di provinsi ini.

"Saya juga akan mempersiapkan penandatanganan fakta integritas dan perjanjian kerja. Kemudian mempersiapkan pelaksanakan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke 78, dan menyelenggarakan persiapan serapan anggaran,’’ katanya.

Editor
Komentar
Banner
Banner