Tragedi Km 171 Tanbu

Ambrol karena Tambang, Km 171 Malah Pakai APBN! 

Antensi Presiden Joko Widodo sudah sampai ke Kementerian PUPR. Jalan nasional Km 171 Tanah Bumbu masuk proyek prioritas 2024.

Featured-Image
Foto udara aktivitas alat berat yang diduga penambang ilegal di Km 171 Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Sumber: Dokumen laporan PT Arutmin Indonesia ke Polda Kalsel

bakabar.com, JAKARTA - Atensi Presiden Joko Widodo rupanya sudah sampai ke Kementerian PUPR. Jalan nasional Km 171 Tanah Bumbu masuk proyek prioritas 2024.

Hal itu disampaikan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono dalam rapat bersama Komisi V DPR RI, Rabu (30/8).

"Rp34,29 triliun untuk infrastruktur jalan. Salah satunya, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan," sebutnya.

Baca Juga: Habib Banua: Km 171 Dianak Tirikan Jokowi, Padahal Jalan Nasional

Pekerjaan itu nantinya di-handle Dirjen Bina Marga. Diambil dari total budget yang tersedia sebesar Rp55,4 triliun.

Selain Km 171 di Tanah Bumbu. Total ada 2.117,75 kilometer jalan nasional yang masuk daftar preservasi peningkatan struktur. "Dari 47.600 Km jumlah jalan nasional kita," ungkapnya.

Sebelumnya, Basuki sudah berjanji untuk memperbaiki jalan tersebut. Tepatnya sebulan lalu. Kata dia, urusan jalan longsor pasti ditangani.

Baca Juga: Kementerian Cari Biang Kerok Tragedi Km 171 Tanah Bumbu

Tapi, kerusakan di Km 171 itu hingga saat ini tak menemukan titik terangnya. Terhitung sudah berjalan hampir setahun tanpa perbaikan. Bahkan tidak ada kepastian penanganan.

Hingga akhirnya Presiden Jokowi bersuara. Saat berada di Binjai, Sumatera Utara, ia menjawab pertanyaan bakabar.com soal Km 171 Tanah Bumbu.

Di sana ia berjanji, bakal memprioritaskan kerusakan jalan tersebut. Kalau tak tahun ini, maka 2024 nanti.

Terpisah, pemerhati kebijakan publik Anang Rosadi Adenansi tak setuju jika pemerintah menggunakan APBN untuk memperbaiki Km 171. "Ini jelas salah kaprah, kalau pakai APBN artinya meniadakan tanggung jawab perusahaan," jelas Anang dihubungi terpisah. 

Km 171 Tanah Bumbu dalam Angka. Infografis bakabar.com (Revisi))
Km 171 Tanah Bumbu dalam Angka. Infografis bakabar.com
Editor


Komentar
Banner
Banner