Pemkab Balangan

Alfamart Gelar Pelatihan Manajemen Ritel UMKM di Balangan

PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), menggelar pelatihan manajemen retail UMKM, yang bertempat di Aula Benteng Tundakan, Sekretariat Pemkab Balangan.

Featured-Image
Alfamart menggelar pelatihan manajemen retail untuk UMKM Balangan. Foto: Diskominfo Balangan

bakabar.com, PARINGIN - Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan serta bentuk kepedulian perkembangan Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) khususnya pedagang tradisional di Kabupaten Balangan, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), menggelar pelatihan manajemen retail UMKM.

Pelatihan UMKM digelar di Aula Benteng Tundakan, Sekretariat Pemkab Balangan, Kecamatan Paringin Selatan, Selasa (18/7/2023).

Dalam kegiatan pelatihan tersebut turut hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Balangan Sri Huriyati Hadi, Kepala DKUMPP Ribowo dan dinas terkait setempat, Regional Corporate Communication Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Budi Santoso serta diikuti oleh ratusan pelaku usaha kecil menengah (UMKM) yang ada di Banua Sanggam. 

Budi Santoso didampingi Ahmad Mirza bidang Corporate Communication Specialist mengatakan, tujuan pelatihan ini untuk bisa memperkenalkan lebih luas produk UMKM yang ada di Balangan, dan bisa lebih maju lagi. 

“Kami berharap UMKM di Balangan bisa naik kelas, dengan pemasaran di ritel modern serta memenuhi persyaratan,” ucapnya. 

Ia menambahkan produk UMKM di Balangan diperlukan 2 persyaratan jika produk tersebut ingin masuk di ritel modern, yaitu izin halal dan Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT), karena produk makanan identik dengan halal, dan PIRT berkaitan izin dari pemerintah daerah.

“Produk di Balangan sangat potensial, sangat disayangkan jika pemasarannya hanya skop-skop tertentu, rasa produk makanannya jauh lebih nikmat dibanding pabrikan,” ujarnya.

Diakuinya dari hasil tester dengan produk dari beberapa kota, Balangan rasanya lebih enak, tapi kenapa kalah dengan pabrikan, mungkin tinggal soal kemasan, harga, pemasaran dan permodalan.

Kalau soal pemasaran, terang Budi Santoso pihaknya akan menbantu agar produk UMKM Balangan lebih maju dan bisa ditemukan di luar kota Balangan.

“Kami ingin membantu agar produknya lebih maju lagi, dibanding Kabupaten lain, mungkin nanti akan muncul UMKM Balangan yang lebih booming menjadi pengusaha nasional,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala DKUMPP Balangan Ribowo berharap produk UMKM Balangan bisa go nasional melalui ritel-ritel modern.

"Semoga UMKM Balangan bisa maju," tukasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner