Piala Asia 2023

Alasan STY Enggan Panggil 2 Penggawa Andalan Borneo FC di Piala Asia

Shin Tae-yong (STY) selaku peracik strategi Timnas Indonesia mengungkap alasan tidak memanggil Stefano Lilipaly ke dalam skuad Garuda untuk Piala Asia 2023.

Featured-Image
Stefano lilipaly selebrasi merayakan gol didepan supporter Borneo FC (Sumber:X/Borneo FC)

bakabar.com, JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) beberkan alasan tak panggil dua penggawa Borneo FC,Stefano Lilipaly dan Nadeo Argawinata ke dalam skuad Garuda untuk Piala Asia 2023.

Padahal, kedua pemain itu berandil besar membantu tim berjuluk Pesut Etam menempati puncak klasemen sementara Liga 1 2023/2024.

Sayang, Shin tae-yong ternyata tidak melirik performa mengesankan dari Stefano Lilipaly dan Nadeo Argawinata. 

Bahkan, pelatih asal Korea Selatan itu mengaku menyaksikan performa Stefano Lilipaly saat bermain di Liga 1.

Baca Juga: Tak Ada Nadeo dan Lilipaly, STY Bawa 29 Pemain untuk TC di Turki

Namun Shin Tae-yong tetap memutuskan tak membawa winger Borneo FC tersebut. Salah satu alasan pertimbangannya adalah kendala fisik. 

Karena itu, STY meyakini bahwa pemain keturunan Belanda itu akan kesulitan melawan tim di atas Indonesia pada Piala Asia nanti.

"Tetapi untuk melawan tim yang diatas kita, sudah pasti secara fisik (Stefano Lilipaly) sangat lelah, untuk di Piala Asia kali ini memang latihannya sangat susah secara fisik," ucap Shin Tae-yong.

Selain itu STY memberikan alasan kenapa Nadeo Argawinata juga tidak dipanggil masuk dalam Skuad Garuda.

Baca Juga: Jelang Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Uji Coba Lawan 2 Negara

Kiper berusia 26 tahun itu dinilai kurang siap dibandingkan dengan Syahrul Trisna (Persikabo 1973) yang tampil lebih tenang. Hal itu dilihat dari beberapa pertandingan terakhir di timnas Indonesia 

"Sahrul merupakan pemain yang sangat tenang dia mampu bermain dan bersaing dengan Nadeo," jelasnya.

Timnas Indonesia akan bertolak ke Turki, Rabu (20/12) ini, untuk melakukan training camp, serta menjalani laga uji coba melawan Libya dan Irak.

Agenda ini dijalankan sebagai rangkaian persiapan jelang mengikuti Piala Asia 2023 di Qatar, 12 Januari hingga 14 Februari mendatang.

Editor
Komentar
Banner
Banner