Jalur Mudik Lebaran

Alasan Jalan Pantura Lebih Favorit dari Pansela untuk Jalur Mudik

Bagi masyarakat yang ingin mudik, selain Tol Trans Jawa juga bisa memilih melewati jalur Pantura (Pantai Utara) dan Pansela (Pantai Selatan) sebagai alternatif.

Featured-Image
Alasan jalur Pantura di favoritkan. (Foto: dok. Republika)

bakabar.com, JAKARTA -  Bagi masyarakat yang ingin mudik, selain Tol Trans Jawa juga bisa memilih melewati jalur Pantura (Pantai Utara) dan Pansela (Pantai Selatan) sebagai jalan alternatif pada musim Lebaran 2023.

Menurut Wakil Ketua Bidang Penguatan dan Pengembangan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno mengatakan perjalanan melewati jalan tol seperti Trans Jawa tidak selalu lebih lancar.

"Pada arus mudik 2022, penggunaan arteri Pantura Jawa tergolong relatif lebih lancar ketimbang jalan tol," Kata Djoko saat dihubungi bakabar.com, Jumat (24/3).

Baca Juga: Mudik Lebaran di Tol Trans Jawa Macet, Coba Lewat Jalur Alternatif Ini

Ia mengungkapkan, bahwa jalur Pantura juga relatif lebih lancar dan lebih difavoritkan para pemudik dibanding jalur Pansela yang disebut belum cukup bagus.

"Hal itu karena jalur penghubung (Pansela) belum bagus, seperti di Tol Ciawi yang belum selesai, dari Bandung, Garut, Tasik sampai Cilacap belum jadi, belum dibangun," ungkapnya.

Menurut dia, hingga sekarang masih ada kendala lain dan jalurnya juga tidak selebar dan selancar jalur Pantura.

"Jalur Pantura juga bukan tanpa kendala, di Pantura pengemudi bakal sering berhadapan sama sepeda motor," tukas pria yang juga Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata.

Baca Juga: Sambut Mudik, Bridgestone Hadirkan Tiga Jaringan Baru di Jawa Barat

Namun ia mengingatkan pada saat mudik jalan tol tidak akan selancar biasanya atau bahkan bisa lebih padat.

"Kalau tahun 2022, ke Solo itu rata-rata sekitar 10-12 jam, tapi kalo kondisi normal 7-8 jam saja," tegasnya mencontohkan.

Kendati begitu, ia tetap bersyukur pasalnya sebelum jalur tersebut terhubung, perjalanan ke Solo bisa memakan waktu 30-35 jam.

"Yang penting sampai dan selamat sampai tujuan," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner