Bisnis

Belasan Ribu Sehari, Pemudik Lewat Bandara Internasional Syamsudin Noor Naik 36 Persen

Bandara Internasional Syamsudin Noor melayani rute penerbangan ke Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bali, Makasar dan Balikpapan.

Featured-Image
SUASANA para calon penumpang di pintu masuk keberangkatan Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru. (Foto: Antara)

bakabar.com, BANJARBARU - Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan melayani 11.744 pemudik di H-5 Lebaran Idulfitri 1445 H pada tujuh rute yang tersedia dari atau menuju Banjarmasin.

"Ada kenaikan 36 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," kata Iwan Risdianto, Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru, dikutip dari Antara, Minggu (7/4/2024).

Adapun pergerakan pesawat, imbuh dia, berjumlah 99 penerbangan atau naik 24 persen dari Posko Lebaran tahun lalu.

‘’Kenaikan juga terjadi pada kargo dengan muatan barang sebanyak 131.517 kilogram atau naik 56 persen dari 2023,’’ beber Iwan.

Menurutnya, pertumbuhan positif itu menjadi kabar gembira bagi aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Syamsudin Noor. Pada momen mudik Lebaran tahun ini, bandara yang berlokasi di Kota Banjarbaru itu menyediakan rute ke Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bali, Makasar dan Balikpapan.

Menghadapi momentum mudik Lebaran Idulfitri 1445 H, PT  Angkasa Pura I menggelar Posko Angkutan Udara Lebaran di Selasar Exhibition Hall Terminal Kedatangan Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Posko digelar selama 16 hari terhitung mulai 3 sampai 18 April 2024 dengan kolaborasi dari TNI, Polri, Basarnas, Airlines, Perum LPPNPI (Airnav), BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin, dan komunitas bandara lainnya.

Pihak bandara dengan seluruh unsur terkait telah mengantisipasi adanya peningkatan jumlah aktivitas di bandara maupun kondisi abnormal yang mungkin terjadi selama arus mudik kali ini.(*)

Editor
Komentar
Banner
Banner