Bisnis

Mau Mudik Naik Pesawat? Ini yang Perlu Anda Persiapkan!

Salah satu cara mudik agar tidak perlu terjebak kemacetan, lebih cepat, dan nyaman adalah dengan memilih moda transportasi udara.

Featured-Image
MUDIK dengan pesawat udara.(Foto: kompas.com/ilustrasi)

bakabar.com, BANJARMASIN - Lebaran Idulfitri tentunya identik dengan tradisi mudik. Momen yang datang setahun sekali itu sayang sekali jika dilewatkan. Berhubung spesialnya momen tersebut, orang-orang rela menembus kemacetan lalu lintas agar dapat merayakan Lebaran di kampung halaman.

Salah satu cara agar tidak perlu terjebak kemacetan mudik, adalah dengan memilih moda transportasi udara. Pilih pesawat juga bisa membuat lebih cepat dan nyaman. Menariknya lagi, terdapat platform pemesanan tiket pesawat online, seperti Traveloka, tiket.com, booking.com, Nusatrip, dan lain-lain.

Bagi yang berencana mudik Lebaran tahun ini, ada sejumlah hal yang perlu dipersiapkan. Jika semuanya sudah dipersiapkan matang, mudik bisa memberikan pengalaman menyenangkan dan tak terlupakan. Mari simak berbagai hal yang perlu dipersiapkan jika berencana mudik naik pesawat, sebagaimana dikutip dari laman traveloka.com berikut.

1. Pesanlah Tiket Jauh-jauh Hari

Jika persyaratan penerbangan sudah terpenuhi dan tidak ada masalah, bisa langsung pesan tiket. Sudah menjadi rahasia umum jika permintaan akan tiket pesawat saat masa mudik meningkat drastis. Agar tetap dapatkan tiket pesawat, bisa pesan jauh-jauh hari.

Booking tiket pesawat jauh-jauh hari juga memungkinkan Anda memilih jenis maskapai dengan leluasa. Jika sudah mendekati Lebaran, pilihan maskapai semakin terbatas dan harganya pun berpotensi meningkat.

2. Berburu Promo Biar Harga Lebih Murah

Selain pesan lebih awal, jangan ragu berburu promo tiket pesawat di beberapa platform pemesanan tiket pesawat

3. Cari Tahu Aturan Maskapai yang Dipesan

Jika selama ini sudah langganan maskapai penerbangan tertentu, pasti sudah hafal regulasinya di luar kepala. Namun bagi Anda yang masih pemula dalam hal naik pesawat terbang, banyak hal yang perlu dipelajari. Misalnya saja aturan bagasi, regulasi tentang barang-barang yang boleh dibawa atau tidak, tentang power bank, dan lain-lain.

4. Pilih Maskapai yang Tawarkan Check-in Online

Agar penerbangan terasa praktis, pilih maskapai yang menawarkan check-in online. Sekarang, hampir semua maskapai menawarkan opsi check-in online.

Ada banyak sekali kelebihan check-in secara online. Salah satunya, Anda sudah tidak perlu lagi antre berlama-lama. Apalagi saat musim mudik, antrean cenderung lebih padat, karena itu check-in online bisa jadi solusi tepat.

5. Packing Barang Seringkas Mungkin

Packing barang saat penerbangan memang jadi PR tersendiri. Apalagi saat momen mudik, banyak barang yang ingin dibawa pulang. Ditambah lagi, oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Jika tidak pandai dalam mengemas barang, bisa-bisa dikenai biaya tambahan untuk kelebihan bagasi.

Persiapkan semuanya dengan matang, belajar packing supaya ruang tas atau koper yang dibawa bisa efisien. Masukkan barang-barang seringkas mungkin dan jangan sampai ada yang tertinggal. Cek sekali lagi sebelum berangkat supaya lebih yakin.

6. Pisahkan Dokumen Penerbangan di Tas Luar

Agar tidak membongkar tas, ada baiknya untuk memisahkan dokumen perbangan di travel pouch khusus. Dokumen ini bisa kartu tanda penduduk (KTP) serta boarding pass. Pastikan mudah dikeluarkan karena biasanya Anda diminta beberapa kali menunjukkan dokumen penerbangan tersebut.

7. Siapkan Hiburan jika Penerbangan Lama

Saat menempuh penerbangan jarak jauh, harus ada hiburan tersendiri untuk mengalihkan rasa bosan. Apalagi bagi yang membawa buah hati, perlu hiburan yang ekstra.

Beberapa hiburan yang perlu dipersiapkan antara lain playlist musik, game offline, film atau drama, buku, atau mainan. Tidak hanya hiburan, Anda juga bisa membawa barang-barang yang membuat penerbangan nyaman. Misalnya saja bantal leher serta penutup mata.

8. Mulai Terapkan Pola Hidup Sehat

Agar mudik menggunakan pesawat tetap lancar, usahakan senantiasa menjaga kesehatan diri. Caranya dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti minum yang cukup, tidur teratur, olahraga, sampai dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Jangan sampai waktunya mudik dan perjalanan jauh malah sakit. Jika memiliki riwayat penyakit tertentu, selalu sediakan obat-obatan pribadi. Jika penerbangan panjang dan melelahkan, tambahi nutrisi harian dengan asupan suplemen dan vitamin.

9. Persiapkan Pakaian Nyaman

Satu lagi yang perlu dipersiapkan sebelum mudik adalah memilih pakaian nyaman. Jika penerbangan dilakukan malam hari, jangan lupa membawa jaket atau baju hangat lainnya. Sebaliknya, jika penerbangan dilakukan di siang hari, bisa pilih baju yang tidak terlalu tebal. Namun siap-siap saja baju hangat karena suhu di pesawat berubah-ubah.

Itulah berbagai hal penting yang perlu disiapkan agar mudik Lebaran anda lancar, aman, dan nyaman. Yuk terapkan!

Editor


Komentar
Banner
Banner