Bisnis

Ingin Mudik Naik Kapal dengan Aman dan Nyaman, Simak Tips Ini

Meskipun tiba di tempat tujuan tidak secepat jika naik pesawat udara, berangkat dengan kapal masih menjadi pilihan banyak pemudik.

Featured-Image
PENUMPANG mudik Lebaran Idulfitri di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.(Foto: Antara)

bakabar.com, BANJARMASIN - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin memprediksi jumlah pemudik Lebaran Idulfitri tahun 2024 akan mengalami peningkatan hingga 17% dibanding tahun sebelumnya.

Meskipun tiba di tempat tujuan tidak secepat jika naik pesawat udara, berangkat dengan kapal masih menjadi pilihan banyak pemudik antarpulau.

Selain harga tiketnya lebih murah, barang bawaan pun bisa lebih banyak karena tidak dikenai aturan pembatasan berat bagasi sebagaimana di pesawat. Selain itu, mereka yang sudah terbiasa naik kapal akan bisa menikmati menikmati perjalanan sambil menikmati pemandangan laut.

Nah, agar perjalananmu tetap aman dan nyaman, kamu harus tahu tips-tips untuk mudik naik kapal.

Saat bepergian menggunakan transportasi laut, tentu ada beberapa hal berbeda dengan perjalanan lewat jalur darat maupun udara.

Misalnya, ada kemungkinan di tengah perjalanan kamu merasa mabuk laut. Apa kamu sudah siap menghadapi situasi seperti ini?

Nah, oleh karena itu, sebagaimana dikutip dari glints.com, ada 8 tips praktis untuk kamu yang mudik naik kapal. Yuk, simak ya…

1. Atur Jadwal dengan tepat

Jika sudah memutuskan untuk mudik dengan kapal, sebaiknya kamu langsung merencanakan jadwal yang terbaik untuk keberangkatan dan kepulangan.

Lebih baik kamu memesan tiket jauh-jauh hari sebelum lebaran agar mendapat harga lebih murah.

Selain itu, untuk mengantisipasi keramaian, sebisanya jangan atur jadwal keberangkatan di H-2 dan H-3 Lebaran. Kedua hari adalah puncak arus mudik.

Nah, ada faktor lain yang harus kamu perhatikan juga seperti lama perjalanan. Transportasi kapal sendiri bisa menempuh waktu berjam-jam hingga berhari-hari.

Oleh karena itu, pastikan bahwa jadwal libur dan jatah cuti cukup untuk mengakomodasi perjalan yang lama.

2. Bawa barang seperlunya

Kapal merupakan transportasi mudik yang cukup popular. Jadi, sudah dapat diprediksi bahwa akan ada banyak penumpang dan  barang bawaan.

Nah, agar kamu bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman, sebaiknya bawa barang-barang yang seperlunya saja.

Jika barang bawaanmu terlalu banyak, kamu tentu akan kesulitan untuk menjaga dan membawa semuanya.

Tentu hal ini harus diperhatikan, apalagi jika kamu membawa barang-barang berharga seperti perhiasan atau dokumen penting.

Jika seperti ini, sebaiknya agar kamu menyimpan barang berharga itu di sebuah tas jinjing atau tas pinggang yang bisa selalu melekat denganmu.

3. Pisahkan obat-obatan pribadi

Karena durasi perjalanan yang lama, kamu juga perlu siapkan obat-obat untuk mengantisipasi keadaan seperti mabuk laut, masuk angin, demam, pusing, diare, dan lainnya.

Obat-obat ini dan juga obat-obat pribadimu sebaiknya disimpan dan dipisahkan pada tempat yang mudah dijangkau, sehingga kamu tidak perlu kewalahan saat mencarinya.

4. Pilih tempat yang tepat

Tips mudik naik kapal berikutnya adalah memilih dek, bed atau tempat duduk yang tepat, sehingga dirimu selalu nyaman di perjalanan.

Nah, untuk yang tidak terlalu suka dengan goyangan ombak karena membuat mual, kamu bisa ambil dek atas serta bed atau kursi di bagian tengah atau belakang kapal.

Jika kamu tidak terlalu suka dengan suara mesin yang mungkin berisik, sebaiknya ambil saja di bagian depan atau tengah.

5. Siapkan bekal yang tahan lama

Membawa bekal adalah salah satu cara agar kamu bisa lebih hemat ketika mudik. Mengapa? Makanan yang dijual di kapal biasanya lebih mahal.

Memang, mungkin pihak kapal menyediakan makanan untuk para penumpang, tapi mungkin saja makanannya tidak sesuai dengan seleramu.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu siapkan beberapa bekal makanan kesukaan yang simpel tapi tetap bergizi.

Nah, jika perjalananmu memerlukan waktu berhari-hari, sebaiknya kamu siapkan bekal yang bisa tahan lama seperti makanan tanpa kuah dan makanan yang tidak mengandung santan.

Tidak ada salahnya juga jika kamu membawa bumbu penyedap atau saus sambal agar makananmu lebih nikmat.

6. Hindari makanan pemicu mabuk laut

Menurut EverydayHealth, ada beberapa makanan yang bisa memicu mabuk laut, yaitu makanan berminyak, makanan pedas, dan makanan asam seperti jeruk.

Supaya kamu tidak mabuk di saat mudik, sebaiknya hindari makanan-makanan ini, ya.

Jangan lupa juga untuk tetap minum banyak air agar tubuhmu tidak cepat merasa lemas dan akhirnya menjadi mabuk.

7. Pelajari panduan keselamatan kapal

Yang tak kalah penting adalah mempelajari safety tip atau panduan keselamatan.

Di sana, kamu bisa mempelajari di mana jalur evakuasi, cara menggunakan life jacket atau baju pelampung, dan hal lainnya.

Selain itu, perhatikan juga dengan seksama penjelasan yang diberikan awak kabin sebelum kapal berangkat.

Semoga dengan panduan tersebut, kamu bisa mengikuti petunjuk untuk menyelamatkan diri dan penumpang lain jika terjadi keadaan darurat.

8. Bawa hiburan untuk mengisi waktu

Mungkin ada saatnya kamu merasa bosan saat di perjalanan. Oleh karena itu, kamu bisa bawa barang yang bisa dijadikan hiburan.

Misalnya, mungkin menonton film dari smartphone-mu, membaca buku atau mungkin membawa headphone untuk dengar lagu.

Jika kamu akan membawa barang-barang ini, ingat untuk dijaga baik-baik dan simpan disimpan di tempat yang aman, ya.

Umumnya, kapal penumpang menyediakan panggung hiburan untuk para penumpangnya di malam hari. Kamu bisa menikmatinya sambil ikut bernyanyi atau berjoget untuk menghilangkan kejenuhan.

 Semoga kamu bisa ikuti semuanya agar perjalanan lautmu lebih aman dan nyaman.

Editor
Komentar
Banner
Banner