pilpres 2024

AHY: Dukung Anies dan Gabung Koalisi Perubahan Bukan Tes Ombak

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan keseriusannya mengalirkan dukungan untuk Anies Baswedan dan merajut koalisi bersama Partai

Featured-Image
Ketua Umum NasDem, Surya Paloh bertemu dengan Ketua Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY, Jakarta, Rabu (22/2). apahabar.com/Andrey

bakabar.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan keseriusannya mengalirkan dukungan untuk Anies Baswedan dan merajut koalisi bersama Partai NasDem dan PKS.

Bahkan AHY menegaskan dukungan dan sikap Partai Demokrat tak hanya sekadar tes ombak menjelang Pilpres 2024.

"Sudah jelas bahwa sikap dan posisi politik Partai Demokrat yang kami sampaikan pada tanggal 23 Januari 2023 yang lalu itu resmi bergabung, dan tentu itu bukan hanya sekadar test the water," kata AHY saat menerima kunjungan Surya Paloh di DPP Demokrat, Jakarta, Rabu (22/2).

Baca Juga: Surya Paloh: Mas AHY Pantas Jadi Cawapres

Putra sulung SBY ini menjelaskan bahwa sikap politik Partai Demokrat diperoleh dari proses komunikasi dan konsultasi secara intensif dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kami melewati sebuah proses komunikasi, konsultasi yang intensif antara saya pribadi sebagai ketum dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Pak SBY," ujar AHY.

Baca Juga: Stiker Duet Anies-AHY Bertebaran di Markas Partai Demokrat

Ia juga memastikan keputusan final bahwa Partai Dmeokrat bergabung dengan Koalisi Perubahan dan mengalirkan dukungan untuk Anies Baswedan sebagai capres.

Termasuk Demokrat juga menyerahkan kewenangan pemilihan nominasi cawapres kepada Anies.

"Kami sepakat penuh untuk usung perubahan dan perbaikan, kita juga harus bisa beri ruang kepada saudara Anies Baswedan untuk bisa menjadi calon presiden, atau bakal calon presiden yang juga diyakini bisa membawa atau merepresentasi gerakan perubahan tadi," jelasnya.

Baca Juga: Anies Sindir Megawati: Pengajian Hasilkan Ibu-Ibu Berpengetahuan

Lebih lanjut, AHY memastikan Koalisi Perubahan saat ini sudah berada pada tahap finalisasi. Ia meyakini bahwa ketiga parpol yang tergabung dalam Koalisi Perubahan bisa duduk bersama dan membangun chemistry dengan Anies Baswedan.

"Sejatinya kesepakatan dan juga kesamaan cara pandang tadi pak Surya Paloh ingatkan, bukan hanya rasional, tapi juga secara spiritual, dan itu yang ingin terus kami bangun," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner