Hot Borneo

Ada Tiga Metode Dapil Pileg Kalsel 2024, Ini Skemanya

Daerah pemilihan (dapil) anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Pemilu serentak 2024 dipastikan akan berubah.

Featured-Image
Daerah pemilihan (dapil) anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Pemilu serentak 2024 akan berubah. Foto-Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Daerah pemilihan (dapil) anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Pemilu serentak 2024 dipastikan akan berubah.

Kemungkinan itu mencuat setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel menggelar uji publik rancangan dapil, di Hotel Zuri Express Banjarmasin, Kamis (19/1/2023).

KPU Kalsel membeberkan tiga model simulasi penataan dapil pemilu anggota DPRD sesuai lampiran IV UU Nomor 7 Tahun 2017.

Model pertama masih sesuai hasil Pemilu 2019 lalu. Sedangkan model dua dan tiga menggunakan penataan dapil terbaru.

Pada model pertama, Dapil Kalsel 1 hanya Banjarmasin. Kalsel 2 Banjar. Kalsel 3 Barito Kuala (Batola). Kalsel 4 meliputi Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Hulu Sungai Tengah (HST).

Kemudian Kalsel 5 meliputi Hulu Sungai Utara (HSU), Tabalong, dan Balangan. Kalsel 6, Kotabaru dan Tanah Bumbu. Kalsel 7, Banjarbaru dan Tanah Laut.

Pada model dua, Kalsel 1 meliputi Banjarbaru dan Tanah Laut. Kalsel 2 Banjarmasin. Kalsel 3 Banjar. Kalsel 4 ada Batola. Kalsel 5 Tapin, HSS dan HST. Kalsel 6 ada HSU, Tabalong dan Balangan. Kalsel 7 Kotabaru dan Tanah Bumbu.

Sedangkan model tiga, hampir sama dengan model dua. Hanya berbeda pada Kalsel 2 yang diisi Banjar, Kalsel 3 Banjarmasin dan Kalsel 4 Batola.

Ketua KPU Kalsel, Sarmuji mengaku segera menggelar rapat internal, termasuk untuk menghitung persentase tiga model simulasi penataan dapil.

"Mungkin pada pekan depan kami akan melaporkan dan mengkonsultasikan terlebih dahulu hasil ini kepada KPU RI," ujar Sarmuji,

Keinginan perubahan penataan dapil memang banyak disuarakan para kontestan pemilu. Hal tersebut lantaran dinilai ada ketimpangan pada beberapa dapil di pemilu sebelumnya.

Sarmuji menyebut hasil penetapan penataan dapil pemilu anggota DPRD Kalsel terbaru paling lambat pada Februari mendatang.

"Entah itu keputusan sepenuhnya dari KPU RI atau dikembalikan lagi kepada KPU Provinsi Kalsel," pungkasnya.

Mayoritas perwakilan seluruh parpol peserta Pemilu 2024 yang turut hadir di acara uji publik tersebut memilih simulasi model dua dan tiga.

Editor
Komentar
Banner
Banner