Tak Berkategori

Ada 5 Kaktus Indoor untuk Pemanis Sudut Rumah

apahabar.com, JAKARTA – Saat tren memelihara tanaman hias, kaktur bisa menjadi salah referensi baru. Tanaman sukulen…

Featured-Image
Jenis kaktus indoor pun beragam dan punya bentuk menarik yang bisa difungsikan sebagai dekorasi. Foto-iStockphoto

bakabar.com, JAKARTA - Saat tren memelihara tanaman hias, kaktur bisa menjadi salah referensi baru.

Tanaman sukulen dengan ciri khas berduri ini fleksibel ditempatkan di mana saja, termasuk dalam ruangan (indoor).

Jenis kaktus indoor pun beragam dan punya bentuk menarik yang bisa difungsikan sebagai dekorasi.

Selain itu, kaktus membutuhkan sedikit perawatan ketimbang tanaman hias lainnya. Asalkan diberi banyak cahaya, mereka akan hidup. Bahkan beberapa di antaranya memekarkan bunga setiap tahun, dengan beragam corak warna yang menarik.

Berikut 5 rekomendasi jenis kaktus indoor yang bisa disimpan di dalam ruangan untuk mempercantik sudut rumah Anda:

1. Acanthocereus Tetragonus

Jenis kaktus ini juga dikenal dengan sebutan kaktus kastil peri. Kaktus ini berbentuk menyerupai kastil yang menjuntai ke atas dan memiliki banyak cabang berwarna hijau.

Kaktus kastil peri dapat mencapai tinggi 1 meter dengan bunga berwarna putih atau kuning.

Kaktus kastil peri sangat mudah dirawat serta merupakan kaktus dalam ruangan yang paling banyak dijual.

Cara menanam kaktus ini harus menggunakan tanah yang telah dikeringkan dengan baik. Acanthocereus Tetragonus cocok disimpan di pot tanah liat agar kelembapannya terjaga.

Kaktus kastil peri dapat disimpan di tempat yang terpapar sinar matahari, hindari penyimpanan di ruangan AC.

2. Espostoa Lanata

Espostoa Lanata yang juga kerap disebut kaktus Orang Tua. Jenis kaktus dalam ruangan ini berbentuk kolom dengan bulu lebat yang hangat dapat beradaptasi dengan baik di daratan tinggi.

Kaktus Orang Tua memilki habitat asli dari kawasan Ekuador Selatan hingga Peru Utara dan juga lereng barat Pegunungan Andes, sehingga kaktus ini dapat bertahan di dataran tinggi.

Bulu putih pada kaktus ini menjadi daya tarik sebagai tanaman hias. Namun, sebagian besar tanaman ini tidak tumbuh dengan baik di dalam pot, sehingga memiliki keterbatasan saat tumbuh dan berbunga.

Kaktus ini membutuhkan tempat yang cerah dan tanah yang kering. Saat musim panas, kaktus ini memerlukan pupuk dan air agar tetap hidup.

3. Mammillaria Fraileana

Mammillaria Fraileana merupakan kaktus kecil dengan tinggi maksimal 15 cm. Kaktus ini memiliki bunga merah terang dengan diameter 3 cm dan kelopak bunga dengan garis merah muda yang lebih tua.

Kaktus indoor ini cocok sebagai pemanis meja kerja Anda.

Merawat Mammillaria Fraileana pun mudah hanya dengan menyiram secara rutin dan memberi pupuk agar mendapatkan hasil terbaik. Bersihkan pot dari akar yang membusuk dan mengganti tanah secara rutin dengan berhati-hati.

4. Astrophytum Coahuilense

Jenis kaktus Astrophytum Coahuilense dikenal juga dengan kaktus sebutan Topi Uskup. Jensis kaktus dalam ruangan ini termasuk ke dalam kaktus bintang. Kaktus Topi Uskup memiliki bunga berwarna kuning.

Anda tetap harus menyiram dan memberi pupuk secara teratur dan merawat pot dengan benar agar memberi ruang untuk berkembang.
Jika melakukan perawatan dengan baik, Anda akan mendapatkan kaktus topi uskup dengan bunga cantik yang dapat menghias sudut rumah.

5. Gymnocalycium Paediophilum

Gymnocalycium Paediophilum merupakan kaktus kecil dengan batang bulat atau silindris yang memiliki banyak cabang.

Jenis kaktus indoor ini memiliki bunga berwarna merah muda pucat yang sering muncul pada musim panas dan juga dibarengi dengan buah oval berwarna hijau atau biru.

Kaktus ini berasal dari Paraguay, biasa hidup di tempat yang teduh di antara semak-semak atau rerumputan, sehingga membutuhkan sinar matahari yang cukup, namun jika berlebihan bunga pada kaktus akan menghilang.

Merawat kaktus ini bisa dilakukan dengan menyimpan di pot yang cukup besar agar drainase mengalir dengan penyiraman satu atau dua kali dalam sehari.

Jenis-jenis kaktus indoor di atas dapat menjadi referensi Anda untuk memulai merawat kaktus.

Menambahkan kaktus sebagai tanaman hias di rumah dapat menghadirkan suasana yang tenang dan nyaman. Menyimpan kaktus di dalam ruangan dapat memberikan oksigen dan menyerap polusi di dalam ruangan.



Komentar
Banner
Banner