LIFESTYLE

Tips Meninggalkan Tanaman Hias saat Liburan Nataru

Jelang libur Natal dan Tahun Baru, ada banyak hal yang perlu disiapkan, di antaranya apa yang perlu dilakukan jika harus meninggalkan tanaman di rumah.

Featured-Image
Tanaman hias. Foto: NusaduaToday.

bakabar.com, JAKARTA – Jelang libur Natal dan Tahun Baru, ada banyak hal yang perlu disiapkan, di antaranya apa yang perlu dilakukan jika harus meninggalkan tanaman di rumah saat berlibur untuk beberapa hari.

Sebab tanaman yang sedianya telah dirawat dengan intens bisa mati karena ditinggalkan tanpa ada perawatan sama sekali.

Merangkum dari sejumlah sumber, berikut beberapa teknik yang dapat Anda terapkan saat hendak meninggalkan tanaman untuk pergi liburan.

Metode Houseplant Bath

Houseplant bath merupakan metode merendam tanaman di dalam wadah berisi air. Adapun caranya adalah dengan mengisi wadah dengan air kemudian masukkan pot tanaman di dalamnya.

Anda dapat menyesuaikan ukuran wadah dengan pot tanaman. Metode ini dapat digunakan untuk tanaman yang memiliki tanah basah dan bertahan cukup lama yakni satu pekan.

Gunakan Es Batu

Merujuk laman Southernliving, Anda bisa menerapkan metode penyiraman dengan es batu. Caranya, cukup dengan meletakkan es batu ke dalam pot tanaman.

Dengan cara ini, air dari es batu akan membuat tanaman tetap basah. Anda bisa memilih es batu berukuran besar agar es meleleh perlahan-lahan.

Apabila cuaca tidak terlalu panas, metode ini dapat digunakan dalam 3-4 hari. Namun, hindari cara untuk tanaman hias tertentu seperti sukulen, kaktus, dan jenis tanaman hias yang tidak banyak memerlukan penyiraman.

Sistem Irigasi

The Spruce menyarankan untuk membuat sistem irigasi jika ada banyak tanaman yang ditinggal dan memerlukan penyiraman. Dengan metode ini, tanaman akan tetap terhidrasi sesuai jadwal.

Anda dapat memilih sistem pengairan tanaman otomatis yang akan mengairi tanaman sesuai jadwal atau membuat irigasi tetes. Nantinya air akan mengarah ke akar tanaman sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Botol Plastik

Melansir Proflowers, botol plastik bekas juga dapat dimanfaatkan untuk menyiram tanaman. Caranya dengan mengisi botol dengan air dan menutupnya dengan rapat.

Kemudian lubangi beberapa bagian dari botol tersebut dan tempatkan di pot tanaman. Selain mudah diterapkan, metode ini juga cukup efektif menyirami tanaman sekitar 4-5 hari.

Gunakan Tatakan Pot

Mengisi air di tatakan pot merupakan metode penyiraman yang paling sederhana. Caranya yakni dengan menambahkan air pada tatakan pot. Metode ini dapat bertahan selama 2-3 hari.

Cara ini tak hanya dapat membantu menahan air, tetapi juga dapat membuat tanaman tetap segar. Namun, metode ini tidak dapat digunakan oleh tanaman yang tidak memerlukan banyak penyiraman air.

Itulah berbagai cara yang bisa Anda lakukan saat hendak meninggalkan tanaman hias untuk liburan Natal dan Tahun Baru. Semoga bermanfaat.

Editor


Komentar
Banner
Banner