Tak Berkategori

9 Destinasi Wisata Alam Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi Tahun Ini

apahabar.com, MAKASSAR – Provinsi Sulawesi Selatan memiliki potensi wisata yang aduhai. Mulai dari panorama alam hingga…

Featured-Image
Foto-Net

bakabar.com, MAKASSAR – Provinsi Sulawesi Selatan memiliki potensi wisata yang aduhai. Mulai dari panorama alam hingga kulinernya memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak bisa disamai daerah lain di Indonesia. Namun demikian, tidak banyak yang mengetahui destinasi wisata di Makassar yang asyik dan keren itu.

Kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui spot wisata yang umum saja, seperti Pantai Losari dan Taman Nasional Bantimurung.

Padahal tidak sedikit spot asyik dan destinasi menarik lain untuk dikunjungi, tidak hanya di Makassar, tapi juga di kota-kota lain di sekitarnya, seperti Toraja, Enrekang, Jeneponto, Bone dan masih banyak lainnya

Baca Juga:Berlibur ke Penang, Jangan Lewatkan 4 Destinasi Ini

Penasaran dengan destinasi wisata di kota lain di Sulawesi Selatan yang luar biasa? Dikutip dari berbagai sumber, berikut 9 destinasi wisata alam Sulawesi Selatan yang wajib dikunjungi tahun ini:

1. Air Terjun Tama'lulua

img

Foto-Net

Air terjun ini termasuk salah satu yang cukup ngehits di Sulawesi Selatan. Debit air yang besar dan ketinggian air terjun yang di atas rata-rata menjadi keistimewaan dari air terjun Tama'lulua di Jeneponto ini.

Faktor lain yang bisa membujukmu mendatangi salah satu destinasi wisata ini adalah alam yang masih natural. Hijaunya pepohonan membuat perjalanan ke lokasi akan sangat asyik dan menyegarkan. Berada di Bontomanai, Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

2. Celebes Canyon

img

Foto-Net

Destinasi wisata di Makassar, atau lebih tepatnya di Barru, ini termasuk spot wisata baru. Lanskap bebatuan yang tidak biasa menjadi daya tariknya.

Bentukan lanskap bumi yang unik, ditambah aliran air dari sungai Ule, membuat panorama di daerah ini menjadi sangat menarik. Lokasi di Libureng, Tanete Riaja, Barru, Sulawesi Selatan

3. Goa Mampu

img

Foto-Net

Goa yang ramai dikunjungi pada akhir pekan ini berada di Desa Cabbeng, Sub-Distrik Dua Boccoe, Distrik Bone. Goa Mampu adalah jenis goa kapur yang di dalamnya dihiasi dengan stalagmit dan stalagtit yang unik serta memanjakan mata.

Selain itu, terdapat koloni kelelawar berjumlah besar, dimana kotorannya oleh warga sekitar dimanfaatkan sebagai pupuk guano.

Untuk sampai ke Goa Mampu memerlukan waktu sekitar 2 jam lebih 5 menit atau berjarak kurang lebih 73,2kilometer jika melaluiJl. Poros Leppangeng-Watampone.

4. Air Terjun Ketemu Jodoh

img

Foto-Net

Dari namanya, bisa dipastikan air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang unik. Faktanya memang demikian dengan dua air terjun yang jatuh di satu titik, sebelum akhirnya mengalir dan menjadi satu air terjun lain ini.

Seperti kebanyakan air terjun di Sulawesi Selatan, air terjun Ketemu Jodoh juga menyuguhkan panorama alam yang asri dan rupawan. Belum lagi aliran air yang menyegarkan dan jernih, pas untuk bermain air. Lokasi di Malino, Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi Selatan

5. Buttu Macca

img

Foto-Net

Panorama enrekang yang eksotik bisa kamu nikmati dengan leluasa dari Buttu Macca. Mulai dari papan titian hingga ayunan langit ekstrim menjadi daya tarik tersendiri.

Karena daya tarik itu pula Buttu Macca menjadi salah satu destinasi wisata ngehits. Kamu yang ingin menambah koleksi foto di Instagram sepertinya tidak boleh melewatkan spot yang satu ini, ya! Berada di Dusun Pulauan, Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan

6. Negeri di Atas Awan

img

Foto-Net

Merupakan sebagai salah satu “Negeri di Atas Awan” yang ada di Sulawesi Selatan, tepatnya di Desa Benteng Mamulu, Kabupaten Toraja Utara.

Jangan ditanya lagi suasana di Tongkonan Lempe-Lolai, sudah pasti dingin, karena berada di ketinggian. Keindahannya sudah pasti indah banget.

Berjarak sekitar 20,8 kilometer atau bisa ditempuh kurang lebih satu setengah jam dari Distrik Toraja Utara, Tongkonan Lempe-Lolai menyajikansunrisedengan kabut awan tebal.

Uniknya, sampai pukul 7.00 waktu setempat yang mataharinya sudah tinggi, kabutnya masih begitu tebal. Untuk mendapatkan pengalaman yang gak terlupakan, berangkatlah waktu subuh.

7. Wisata Cekong

img

Foto-Net

Tempat wisata ini berada jauh dari bisingnya kendaraan dan suasananya sangat nyaman, yaitu ada di Desa Tanete, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang. Di sini ada keindahan alam yang apik dan arenaoutbound(sepertiextreme swing, flying fox,motorcrossdan masih banyak lagi lainnya).

Untuk ke sini, paling cepat melalui Jalan Jendral Sudirman / Jalan Poros Enrekang-Makale dari Kabupaten Enrekang, yaitu sekitar 52 menit atau berjarak kurang lebih20,2kilometer.

8. Apparalang

img

Foto-Net

Di balik tebing Apparang yang kokoh terdapat pantai indah yang harus kamu kunjungi. Alam bawah lautnya juga keren, hal yang tidak boleh kamu lewatkan kala berkunjung ke sana.

Tidak hanya itu saja, sejumlah spot berfoto juga didirikan warga untuk memanjakan paratravelleryang gemar berselfie. Panorama tebing dan laut lepas berwarna biru memang sulit untuk tidak diabadikan. Berada di Ara, Bontobahari, Ara, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

9. Pulau Samalona

img

Foto-Net

Letak Pulau Samalona juga tidak cukup jauh dari pantai Losari. Datang ke sana, kamu harus siap dibuat takjub oleh panorama pulau tropis yang asri. Lokasi di Pulau Samalona, Makassar, Sulawesi Selatan.

Berwisata ternyata tidak harus membuatmu merogoh kocek terlalu dalam ya. Tempat-tempat wisata murah meriah di atas jadi contohnya.

Baca Juga:5 Destinasi Wisata Seru di Malaysia yang 'Wajib' Dikunjungi

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner