Nasional

Pulau Hanibung di Kota Besi Kotim Akan Dijadikan Kawasan Wisata Alam dan Satwa

Pulau Hanibung yang berada di Desa Camba, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotim, Kalteng, ternyata memiliki potensi alam yang cukup terjaga ke asriannya

Featured-Image
Bupati Kotim beserta rombongan saat memantau Pulau Hanibung, di Desa Camba, yang rencananya di jadikan destinaai wisata alam dan satwa. Selasa (16/1/2024). Foto-Istimewa

bakabar.com, SAMPIT - Pulau Hanibung yang berada di Desa Camba, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng, ternyata memiliki potensi alam yang cukup terjaga keasriannya.

Dengan luas sekitar 260 Hektare, jadi sangat memungkinkan untuk dikembangkan menjadi salah satu wilayah destinasi wisata alam dan juga satwa oleh Pemerintah Kabupaten Kotim.

Untuk melihat langsung wilayah tersebut Bupati Kotim, Halikinnor, beserta rombongan dari sejumlah OPD mengunjungi pulau itu dengan menggunakan kapal Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), milik Kantor Kesyahbandaran Otoritas dan Pelabuhan (KSOP) Sampit, Selasa (16/1/2024).

"Meski tidak mudah seperti membalikan telapak tangan, kita akan benar-benar menata pulau ini, membuat master plan agar nantinya pulau ini menjadi destinasi wisata yang tertata sesuai dengan yang kita inginkan," kata Halikinnor.

Untuk menjadikan Pulau Hanibung sebagai kawasan wisata alam dan satwa, memang dibutuhkan perencanaan yang matang.

"Kita harus melakukan pengkajian lingkungannya, kemudian melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, serta berkoordinasi ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," terangnya

Dengan terdapat beragam satwa di pulai tersebut seperti buaya, orang utan, monyet serta hewan dilindungi lainnya, tidak menutup kemungkinan pulau tersebut juga bisa dijadikan suaka margasatwa.

"Kita akan anggarkan ada, apa lagi kabarnya di pulau ini juga ada jewan monyet jenis bekantan dan juga buaya yang cukup besar, tentunya kita juga bisa membuat penangkaran buaya, dan ini memiliki program jangka panjang yang cukup menjanjikan mendongkarak wisata daerah," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner