Jelang Musim Haji

89 Calon Jemaah Haji Kota Ambon Belum Melunasi BPIH

Kantor Agama Kota Ambon mencatat sebanyak 89 Jemaah Calon Haji (CHJ) Kota Ambon belum melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

Featured-Image
Ilustrasi jemaah haji Kalsel. Foto-dokumen

bakabar.com, JAKARTA - Kantor Agama Kota Ambon mencatat sebanyak 89 Jemaah Calon Haji (CHJ) Kota Ambon belum melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

Adapun besaran jumlah pelunasan yang ditetapkan pemerintah untuk embarkasi Makassar yakni sebesar Rp52,1 juta.

"Total 353 kuota JCH Kota Ambon sebanyak 264, telah melakukan pelunasan BPIH, sementara sisanya 89 JCH belum melakukan pelunasan," kata Kepala Kantor Agama Kota Ambon, Rabu (10/5).

Baca Juga: Pangkas Durasi Masa Tunggu, Pemerintah dan DPR Berupaya Tambah Kuota Haji

Diketahui pemerintah telah menetapkan batas akhir pelunasan BPIH yang sebelumnya pada 5 Mei 2023, kemudian diperpanjang kembali hingga 12 Mei 2023.

"Tercatat hingga 9 Mei 2023 JCH yang telah melunasi BPIH sebanyak 264 orang, kita masih menunggu jika memang sampai batas waktu perpanjangan belum mencapai target sesuai jumlah kuota," katanya.

Karena itu, ia berharap agar pemerintah dapat memberikan keleluasaan perpanjangan masa pelunasan BPIH. Dengan begitu, para jemaah dapat memanfaatkan waktu tersebut dengan baik.

"Saya harap, jemaah dapat memanfaatkan perpanjangan waktu ini untuk segera melakukan pelunasan, masih ada cukup waktu, insya Allah kuota haji Kota Ambon terserap optimal," katanya.

Baca Juga: 19 Persen Calon Jemaah Haji Jatim Belum Lunasi BPIH pada H-1 Pelunasan

BPIH jemaah haji digunakan untuk biaya transportasi dan akomodasi selama ibadah haji seperti penerbangan haji, pelayanan di embarkasi dan debarkasi, layanan imigrasi, premi asuransi dan perlindungan lainnya meliputi dokumen perjalanan, biaya hidup, serta biaya layanan Arafah, Mudzalifah, dan Mina.

Sesuai jadwal jamaah haji Kota Ambon akan berangkat awal Juni 2023 dan masuk kloter 33 dan sebagian bergabung dengan kloter asal Buru Selatan.

"Keberangkatan jemaah haji kurang dari sebulan. Saya harap para jemaah terus menjaga kesehatan," katanya.

Editor


Komentar
Banner
Banner