Tak Berkategori

8 Kondisi yang Bisa Merusak Otak, Jomblo di Antaranya

apahabar.com, JAKARTA – Kesehatan otak menjadi sangat penting, mengingat otak adalah organ vital bagi manusia. Untuk itu hindari…

Featured-Image
ilustrasi.Foto-net

bakabar.com, JAKARTA-Kesehatan otak menjadi sangat penting, mengingat otak adalah organ vital bagi manusia. Untuk itu hindari kebiasaan atau kondisi tertentu yang dapat merusak otak.

Ada delapan kebiasaan buruk yang bisa merusak otak, seperti dilansir detikhealth yang merangkum dari WebMD:

Pertama, kurang tidur. Kurang tidur bisa merusak otak, dengan menimbulkan penyakit seperti demensia dan juga penyakit Alzheimer’s. Meskipun sibuk, usahakan untuk punya waktu tidur yang sama setiap harinya. Dan jika kamu mengalami kesulitan tidur, hindari alkohol, kafein, dan penggunaan gadget menjelang waktu tidur. Usahakan tidur dalam suasana yang kondusif.

Kedua, jomblo. Sering sendirian bisa meningkatkan resiko penuaan otak dan Alzheimer’s. Manusia diciptakan untuk bersosialisasi, koneksi dan ikatan dengan orang lain meskipun sedikit terlihat lebih bahagia dan produktif. Perbanyaklah interaksi dengan orang lain atau bergabung dengan beberapa komunitas yang sesuai minatmu.

Ketiga, sering mengonsumsi junk food seperti burger, kentang goreng, keripik kentang, dan minuman ringan. Ganti dengan memperbanyak mengonsumsi buah beri, gandum atau biji-bijian utuh, kacang-kacangan, serta sayuran hijau. Sayuran hijau berfungsi menjaga fungsi otak dan memperlambat penuaan otak.

Keempat, kurangi penggunaan earphone. Penggunaan earphone bisa berdampak buruk pada telinga dan otak. Sebab selain telinga, otak bisa bekerja lebih keras untuk mendengar. Gunakan earphone tak lebih dari 60 persen maksimum volume dan jangan lebih dari dua jam. Selain itu perhatikan volume saat menggunakannya.

Kelima, kurang bergerak, jarang berolahraga, dan gaya hidup sedenter bisa meningkatkan risiko terkena demensia. Tak hanya itu, juga bisa membuatmu berisiko terkena diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi. Berolahraga tak perlu yang keras, kamu bisa mulai dengan hanya setengah jam berjalan-jalan di sekitar rumah, setidaknya lakukan selama 3 hari dalam seminggu.

Keenam, merokok. Merokok memiliki deretan dampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya bisa menyusutkan otak dan itu bukanlah hal yang bagus. Penyusutan otak bisa menganggu memori dan membuatmu dua kali berisiko terkena demensia dan juga Alzheimer’s.

Ketujuh, kebanyakan makan. Tak cuma soal kebanyakan makan junk food, namun berlebihan makan meski makanan sehatpun, otak bisa kehilangan kemampuan untuk membangun jaringan koneksi yang bisa membantumu berpikir dan mengingat. Apalagi jika kamu makan berlebihan dalam waktu yang lama, kamu bisa terkena obesitas yang membahayakan.

Kedelapan, tidak terkena sinar matahari. Cahaya alami yang berasal dari matahari bisa membantu menyehatkan otak. Itulah mengapa sejak dari bayi hingga dewasa anjuran untuk berjemur sinar matahari di pagi hari sering kita dengar.

Jika kita terlalu lama berada dalam ruangan dan sedikit terkena cahaya matahari, besar risikonya untuk terkena depresi yang bisa melambatkan otak. Banyak riset yang menyebutkan bahwa sinar matahari bisa membuat kinerja otak semakin optimal.

Baca Juga: Pamer Silver Play Button Youtube, Said Jola Berbagi Kisah Inspiratif

Baca Juga: Banyak Layahan Bedah, Tips Aman Memilih

Sumber: Detik.com
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner