Rekomendasi Wisata Halal

6 Destinasi Wisata Halal Dunia yang Wajib Masuk Bucketlist

Wisata halal menunjukkan eksistensinya. Bagi Muslim, ada rasa aman dan nyaman dengan status halal.

Featured-Image
Negara Dengan Destinasi Wisata Halal. Foto: Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Wisata halal menunjukkan eksistensinya. Bagi Muslim, ada rasa aman dan nyaman dengan status halal.

Indonesia berhasil meraih Top Muslim Friendly Destination of The Year 2023 dari Global Muslim Travel Index (GMTI). Menempati posisi pertama sebagai negara dengan destinasi wisata halal terbaik di dunia.

Beberapa faktor yang sering jadi pertimbangan seorang muslim untuk memilih tempat wisata adalah makanan, kemudahan akses ibadah, lingkungan, serta pelayanan. Hal itu yang ternyata mudah ditemui di Indonesia. 

Walau terkesan mementingkan satu komunitas saja, namun destinasi wisata halal juga dapat dinikmati semua kalangan lho.

Selain Indonesia, berikut beberapa destinasi wisata yang halal-friendly yang dapat Anda masukkan ke dalam bucket-list liburan nanti.

Malaysia

Wisata Halal di Malaysia. Foto: Freepik
Wisata Halal di Malaysia. Foto: Freepik

Negara serumpun yang bertetangga langsung dengan Indonesia ini menempati posisi runner up dalam Global Muslim Travel Index 2023.

Baca Juga: Menarik, Wisatawan Indonesia Andalkan Gadget untuk Rencanakan Liburan

Memiliki warga mayoritas Muslim membuat Malaysia dijadikan sebagai negara yang patut dikunjungi sebagai pilihan wisata halal.

Banyak tempat yang dapat dieksplor di sana, diantaranya Twin Tower Petronas, Batu Caves (Gua Batu), hingga mencicipi kuliner di Pasar Penang.

Arab Saudi

Wisata Halal di Arab Saudi. Foto : unsplash.com/swafie
Wisata Halal di Arab Saudi. Foto : unsplash.com/swafie

Negara yang memiliki banyak sejarah Islam dan menjadi tujuan menjalankan Umroh dan Haji. Negara ini menempati posisi ketiga dalam Muslim Friendly Destination 2023.

Tak hanya untuk menjalankan wisata agama, beberapa tempat di negara ini juga patut dikunjungi untuk menikmati keindahan serta kuliner yang memanjakkan diri.

Beberapa tempat seperti Riyadh, Jeddah dan Mekkah menghadirkan banyak destinasi seperi museum bersejarah, wisata kuiner hingga pasar untuk membeli buah tangan.

Turki

Wisata Halal di Turki. Foto: Freepik
Wisata Halal di Turki. Foto: Freepik

Negara ini terkenal akan destinasi wisata menaiki balon udara dengan keindahan yang memanjakan mata, Cappadoccia. Namun ternyata Turki memiliki banyak destinasi lain seperti Pamukkale, Bursa, Istanbul hingga Antalya.

Baca Juga: Pilgrim Tour 20 Negara, Candi Borobudur Dilirik jadi Paket Wisata Religi Kelas Dunia

Ketika berkunjung ke Turki, jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner khas sana dan merasakan sensasi es krim khas Turki yang memiliki keunikan dalam pelayanannya.

Qatar

Wisata Halal di Qatar. Foto: ShutterStock
Wisata Halal di Qatar. Foto: ShutterStock

Sebuah negara di Timur Tengah yang memiliki kemajuan teknologi. Negara ini turut mendapatkan label sebagai Muslim Friendly Destination of The Year 2023.

Menghadirkan kota yang megah, Anda dapat mengunjungi beberapa wisata halal seperti Museum of Islamic hingga The Golden Mosque.

Jangan khawatir, tak hanya tempat wisata, makanan di Qatar terbilang nikmat dan mengandung halal-friendly lho seperti Kunafa, Majboos, Luqaimat dan Shawarma.

Inggris

Wisata Halal di Inggris. Foto: Freepik
Wisata Halal di Inggris. Foto: Freepik

Sedikit informasi, Inggris memiliki cukup banyak penduduk Muslim, dan Anda tak perlu khawatir untuk mencari tempat ibadah atau destinasi wisata halal di sana.

Mulai dari tengah kota hingga pedesaan sudah dapat ditemukan masjid dan komunitas Islam lainnya, yang memudahkan Anda untuk beribadah serta mencari referensi.

Beberapa spot wisata dapat Anda jadikan referensi seperti Tower Bridge, Windsor Castle, serta museum bersejarah lainnya dan tak lupa melancong untuk berswafoto di dekat jam raksaksa Big Ben.

Maldives

Wisata Halal di Maldives. Foto: Freepik
Wisata Halal di Maldives. Foto: Freepik

Siapa yang tak kenal dengan destinasi wisata tepi laut yang cantik dan memanjakan mata satu ini? Republik Maladewa adalah negara kepulauan yang terletak sebalah barat daya Sri Lanka dan India.

Baca Juga: Berburu Matahari Terbit Berlatar Delapan Gunung di Wisata Alam Posong

Memiliki populasi Muslim yang cukup banyak membuat tempat ini menjadi destinasi wisata Muslim friendly. Tak hanya makanan, wisata ini juga menyuguhkan banyak keindahan alam.

Jadi, sudahkah Anda menentukan pilihan untuk memilih destinasi wisata bersama keluarga atau sahabat kelak?

Editor
Komentar
Banner
Banner