Jurusan Kuliah

5 Jurusan Kuliah yang Potensial untuk Masa Depan Perempuan

Memilih jurusan kuliah yang menjanjikan untuk masa depan adalah keinginan setiap orang tak terkecuali untuk perempuan.

Featured-Image
Jurusan Kuliah yang Potensial untuk Perempuan (Foto: dok. Liputan6)

bakabar.com, JAKARTA - Memilih jurusan kuliah yang menjanjikan untuk masa depan adalah keinginan setiap orang tak terkecuali untuk perempuan.

Potensi perempuan sebagai individu yang terbuka dengan kondisi zaman, menjadikan posisinya perlu untuk mengejar pendidikan ataupun karir itu penting agar bisa diterapkan untuk dirinya juga kepada keluarga.

Dalam menentukan jurusan kuliah yang sesuai untuk perempuan dibutuhkan pemikiran yang matang demi mendapatkan jurusan yang bermanfaat di masa mendatang.

Hal yang harus diperhatikan saat memilih jurusan kuliah di antaranya menyeleksi jurusan yang sesuai minat.

Selanjutnya menelaah nilai akreditasi jurusan kuliah yang hendak dipilih, kemudian mempertimbangkan peluang karir dari jurusan yang dipilih.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk perempuan:

1. Jurusan Akuntansi

Kebanyakan perempuan memiliki karakter yang teliti, hal tersebut cocok untuk jurusan akuntansi sebagai jurusan kuliah karena jurusan ini membutuhkan ketelitian dalam menghitung angka dan menata keuangan.

Jurusan akuntasi juga memiliki prospek kerja yang sangat luas dengan jenjang karier yang menjanjikan. Hampir setiap perusahaan, terlebih yang bergerak di bidang industri keuangan membutuhkan seorang akuntan.

2. Jurusan Psikologi

Jurusan ini mempelajari ilmu tentang kejiwaan, kepribadian, dan perilaku seseorang. Bidang ini akan banyak belajar tentang manusia mulai dari tingkah laku, mental dan pikiran manusia.

Hal tersebut cocok untuk perempuan nantinya karena dapat diterapkan dalam keluarga untuk memahami perilaku anak-anak.

Tidak hanya itu, jurusan psikologi banyak dibutuhkan oleh perusahaan, dengan prospek kerja menjadi HRD atau menjadi seorang psikolog.

3. Pendidikan Administrasi Perkantoran

Jurusan ini sangat cocok dipilih perempuan, dikarenakan lulusan administrasi perkantoran biasanya bekerja menjadi sekretaris.

Hal yang dipelajari adalah kemampuan untuk komunikasi secara lisan dan tulisan. Selain itu, jurusan tersebut mempelajari Bahasa asing agar nantinya dapat dengan mudah untuk berinteraksi dengan klien dari luar Indonesia.

4.  Jurusan Kedokteran

Tugas utama dokter untuk membantu dan menolong banyak orang yang merupakan tugas mulia, maka dari itu, tak sedikit orang bermimpi dan bercita- cita menjadi seorang dokter

Meski membutuhkan biaya yang besar, jurusan ini memiliki masa depan yang terjamin. Kebutuhan tenaga kesehatan di masyarakat tidak akan pernah berhenti dan menjadi jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan.

Terlebih ketika Anda memilih dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi bahkan dokter hewan sekalipun dapat membuka prakter pribadi di rumah sehingga jurusan kuliah ini dianggap sesuai untuk perempuan.

5. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan yang banyak diminati terutama bagi perempuan.

Hal ini disebabkan karena bidang tersebut dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga selalu berkembang dan dibutuhkan.

Perempuan biasanya memiliki komunikasi yang baik sehingga peka dalam menjalani berbagai pergaulan.

Lulusan ini berpeluang masuk ke dunia marketing, broadcasting yang bisa bekerja sebagai content creator, penulis skenario, hingga produser.

Anda juga berpeluang bekerja di berbagai jenis perusahaan, media, agensi maupun instansi pemerintah.

Editor
Komentar
Banner
Banner