Tak Berkategori

3 Kandungan Suplemen Termasuk Herbal yang Berbahaya untuk Ginjal

apahabar.com, JAKARTA – Meski baik bagi tubuh, sejumlah kandungan suplemen, termasuk suplemen herbal dapat berbahaya untuk…

Featured-Image
Sejumlah kandungan suplemen, termasuk suplemen herbal dapat berbahaya untuk ginjal. Foto- iStockphoto

bakabar.com, JAKARTA – Meski baik bagi tubuh, sejumlah kandungan suplemen, termasuk suplemen herbal dapat berbahaya untuk ginjal. Cermati kandungan dalam suplemen sebelum Anda mengonsumsinya.

Suplemen merupakan campuran dari sejumlah nutrisi baik untuk tubuh, biasanya mengandung lebih dari tiga jenis vitamin dan mineral, serta protein.

Namun, studi menunjukkan kandungan tertentu dalam suplemen dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan menimbulkan kontraindikasi pada penderita penyakit ginjal.

Dilansir bakabar.com dari CNNIndonesia, kandungan ini umumnya sulit diolah oleh ginjal, sehingga ginjal bekerja ekstra untuk memprosesnya. Sebagian kandungan yang tak bisa diolah dapat bersifat racun bagi tubuh.

Berikut sejumlah kandungan suplemen yang berbahaya untuk ginjal, dikutip dari National Kidney Foundation Amerika Serikat.
1. Kalium

Suplemen yang mengandung mineral kalium perlu dibatasi oleh penderita penyakit ginjal, terutama yang menjalani dialisis.

Kalium baik untuk mengatur keseimbangan cairan, kontraksi otot, dan sinyal saraf. Namun, pada orang dengan penyakit ginjal, kalium tidak dapat diolah secara efisien. Kelebihan kalium dapat menyebabkan kesulitan bernapas, nyeri dada, dan jantung berdebar.

Kalium banyak terdapat dalam suplemen melon, daun ketumbar, akar dandelion, daun bawang, sereh, pepaya, kunyit, dan teratai air.

2. Fosfor

Suplemen dengan mengandung fosfor juga sebaiknya dihindari, terutama bagi penderita penyakit ginjal dan yang menjalani dialisis.

Fosfor baik untuk kesehatan tulang. Namun, konsumsi fosfor yang tinggi secara terus-menerus membuat ginjal bekerja ekstra dan dapat menyebabkan kerusakan. Pada ginjal yang sudah rusak, fosfor tak dapat diolah sehingga dapat menjadi racun dan menyebabkan kerusakan bagi tubuh.

Fosfor banyak terdapat dalam suplemen herbal seperti daun ketumbar, lobak, biji bunga matahari, kunyit, dan teratai air.

3. Suplemen diuretik

Selain itu, suplemen yang bersifat diuretik juga sebaiknya dihindari. Diuretik berarti kemampuan untuk membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urine. Suplemen ini dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

“Beberapa suplemen herbal yang bertindak seperti diuretik atau pil air dapat menyebabkan iritasi ginjal atau kerusakan,” tulis National Kidney Foundation.

Beberapa suplemen yang bersifat diuretik misalnya seperti suplemen peterseli dan buah juniper.

Cermati kandungan, efek samping, dan kontraindikasi dari suatu suplemen sebelum mengonsumsinya.



Komentar
Banner
Banner