Aksi buruh mogok nasional

3 Juta Buruh Ancam Mogok Kerja Jika 6 Tuntutan Ini Tak Dipenuhi

Partai buruh bersama organisasi serikat pekerja menggelar demo buruh di Istana Negara Jakarta hari ini, Rabu (12/10).

Featured-Image
Ilustrasi demontrasi buruh menolak Omnibus Law. Foto: Republika

bakabar.com, JAKARTA- Partai buruh bersama organisasi serikat pekerja menggelar demo buruh di Istana Negara Jakarta hari ini, Rabu (12/10).

''Kami akan mengorganisir demonstrasi besar-besaran pada tanggal 12 Oktober 2022. Untuk wilayah Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta, '' ujar Presiden Partai Buruh Said Iqbal dalam keterangannya, Selasa,(11/10). 

Ribuan buruh yang akan ikut dalam aksi hari ini diikuti dari berbagai kalangan. Terdiri dari Petani, Nelayan, Guru Honorer, Miskin Kota, pekerja rumah tangga, dan aktivis gerakan nasional lainnya yang akan melakukan aksi di Istana Negara.

Terdapat 6 isu yang akan dituntut pada demo buruh kali ini, yakni menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), menolak omnibus Law (UU Cipta Kerja), menaikan UMK/P tahun 2023 sebesar 13 persen.

Lalu menolak PHK besar-besaran akibat ancaman resesi global pada tahun 2023, reforma agraria, tanah untuk petani, dan mengesahkan Rancangan Undang-undang Pekerja Rumah Tangga.

Apabila enam tuntutan demo buruh tidak diperhatikan pemerintah, Said menegaskan akan ada aksi mogok buruh dalam skala nasional.

''Bila dipastikan di pertengahan Desember 2022 mogok nasional, stop produksi, diikuti 3 sampai 5 juta buruh,'' tutupnya

Editor


Komentar
Banner
Banner