transfer pemain

3 Alasan Real Madrid Layak Rekrut Arda Guler

Real Madrid berhasil mendatangkan bintang muda asal Turki Arda Guler untuk jangka enam tahun kedepan.

Featured-Image
Arda Guler resmi didatangkan Real Madrid. (Foto: twitter/@10ardaguler)

bakabar.com, JAKARTA - Real Madrid berhasil mendatangkan bintang muda asal Turki Arda Guler untuk jangka enam tahun kedepan.

Kepastian itu membuat Madrid memenangkan persaingan dengan Barcelona yang juga tertarik dengan Guler. Apalagi Fenerbahce, klub milik Guler, lebih setuju sang pemain bergabung di tim Catalan tersebut. 

Tapi Guler ternyata lebih suka bergabung bersama Madrid. Beruntung, Los Blancos berani mengeluarkan dana besar untuk membawa Guler, dengan biaya 20 juta euro (Rp 387 miliar).

Baca Juga: Real Madrid Rahasiakan Proses Transfer Kylian Mbappe

Itu menjadi harga yang tidak murah untuk seorang pemain berusia 18 tahun. Namun, Madrid memiliki tiga alasan penting kenapa harus mendatangkan Guler di musim ini.

Pertama, Real Madrid sedang melakukan regenerasi skuad pemainnya. Ada beberapa pemain senior yang kemungkinan akan hengkang di musim depan, seperti Luka Modric dan Toni Kroos.

Sejatinya, Madrid memang memiliki beberapa gelandang muda berbakat, seperti Brahim Diaz (23), Aurélien Tchouameni (23), Jude Bellingham (20), dan Eduardo Camavinga (20).

Baca Juga: Jude Bellingham Merinding Jadi Pemain Real Madrid

Tapi Guler lebih cocok sebagai penerus Modric karena perannya jago menggiring bola dan memberikan assist luar biasa. Tercatat, ia total membukukan 12 assist dalam 32 pertandingan bersama Fenerbahce di semua kompetisi musim lalu.

Kedua, Guler sudah memiliki banyak pengalaman meski masih berusia 18 tahun. Sebab, ia mulai berkarier profesional saat usia 16 tahun pada Januari 2021. 

Pada Maret 2022, Guler menjadi pencetak gol termuda Fenerbahçe dalam sejarah Liga Turki, berusia 17 tahun tiga minggu. Ia juga membantu timnya menjuarai liga musim 2022/2023.

Alasan terakhir Guler layak dibawa Madrid karena ia mampu menembus Timnas Turki senior dari sebelumnya anggota Timnas Turki U-17.

Baca Juga: Brahim Diaz Dibawa Pulang Real Madrid, AC Milan Pepet Pulisic

Guler tercatat enam kali dipanggil Timnas Turki, dan empat di antaranya ia bermain. Yaitu menghadapi Republik Ceko, Kroasia, Latvia, dan Wales.

Sementara debutnya di Timnas Turki senior ketika ia berusia 17 tahun 296 hari, pada 19 November 2022 melawan Republik Ceko. Guler turun pada menit ke-68, menggantikan Dogukan Sinik.

Sedangkan gol pertamanya untuk Turki tercipta saat melawan Wales di kualifikasi Euro 2024 pada 19 Juni lalu.

Editor


Komentar
Banner
Banner