Arus Mudik 2023

126 Bus Pemudik Gratis dari Terminal Tirtonadi Solo Diberangkatkan Menuju Jabodetabek

Sebanyak 126 bus yang mengangkut 5.040 peserta arus balik program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diberangkatkan menuju Jabodetabek

Featured-Image
Pemberangkatan bus arus balik. (Foto: apahabar.com/Fernando)

bakabar.com, SOLO - Sebanyak 126 bus yang mengangkut 5.040 peserta arus balik program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diberangkatkan menuju Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Jumat, (28/04) dari Terminal Tirtonadi Solo.

Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Suharto mengatakan jumlah peserta arus balik program mudik gratis kali ini lebih sedikit. Dikarenakan keinginan masyarakat yang balik ke kampung halaman tidaklah sama.

"Karena di dalamnya ada mudik yang menggunakan motor dan kendaraan pribadi. Jadi kita hanya mendapatkan 8 lokasi untuk arus balik. Ada di Surabaya, Madiun Surakarta, Jogja, Cirebon, Semarang dan Wonogiri. Paling banyak dari wilayah Jabodetabek," ungkapnya.

Baca Juga: Sediakan Tiket Kereta Murah, KAI Ngaku Tidak Merugi

Dari kajian badan kebijakan transportasi, ada 33 juta jumlah penduduk di Jabodetabek. Kemudian 54 persen penduduknya sebesar 18,8 juta diberikan fasilitas mudik gratis dari Kemenhub.

"Jika kendaraan pribadi dan motor bergerak sifatnya masal. Maka resiko kecelakaan tinggi. Lalu kita klusterkan kita hitung kembali kita fasilitasi menggunakan bus. Mudah-mudahan ikhtiar kita menekan angka kecelakaan bisa kita wujudkan," tandasnya.

Baca Juga: Program Tiket Murah KAI, Pemudik: Telanjur Beli yang Harga Normal

Salah satu peserta arus balik, Hartatik (42) mengaku sangat senang dan banyak berterima kasih dirinya dapat mengikuti program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan.

"Baru kali ini ikut gratis-tis. Ini sangat membantu buat saya dan keluarga. Biasanyakan kalau saya pulang habis sekian ribu. Sekarang enggak benar-benar membantu ekonomi saya dan keluarga. Sangat senang banget, terima kasih," paparnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner