Arus Balik 2023

Sediakan Tiket Kereta Murah, KAI Ngaku Tidak Merugi

KAI Daop 1 Jakarta telah mengkalkulasi kebijakan pemberian tiket murah untuk penumpang sehingga mereka tidak akan merugi.

Featured-Image
Suasana arus balik mudik 2023 di stasiun pasar senen, Jumat (28/4). (Foto: apahabar.com/Leni)

bakabar.com, JAKARTA - KAI Daop 1 Jakarta tengah menawarkan potongan harga tiket kereta api pasca-Lebaran dengan harga terjangkau. Harga untuk tiket bertarif rendah mulai dari harga Rp150 ribu.

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengaku KAI positif dengan memberlakukan program tarif rendah. Kebijakan itu tidak berpotensi membuat mereka merugi.

"Tidak karena masih dalam penghitungan tarif batas bawah," ungkap Eva saat dihubungi bakabar.com, di Jakarta, Jumat (28/4).

Baca Juga: Biar Nggak Kena Biaya Tambahan, Simak Aturan Bawa Bagasi di Kereta Api

Eva menjelaskan program diskon tiket itu digelar guna mendukung upaya pemerintah untuk mengurai penumpukan keberangkatan pada masa arus balik.

"Diskon ini berlaku untuk semua perjalanan KA Jarak Jauh (KAJJ) ke berbagai kota tujuan hingga tanggal keberangkatan 3 Mei 2023," terangnya.

Adapun, arus Balik Pengguna KA Jarak Jauh Yang Tiba Di Area Daop 1 Jakarta masih tinggi dengan volume penumpang mencapai 43.000. Sementara volume pengguna berangkat kembali meningkat dari hari kemarin.

Sejauh ini, volume pengguna jasa yang berangkat di area Daop 1 pada Jumat 28 April 2023 kembali mengalami peningkatan dibandingkan kemarin.

Baca Juga: Program Tiket Murah KAI, Pemudik: Telanjur Beli yang Harga Normal

Secara total terdapat 31.000 pengguna kereta api. Pada keberangkatan awal ada sekitar 19.000 penumpang melalui Stasiun Pasar Senen dan ada 12.000 penumpang dari Stasiun Gambir.

Okupansi penumpang keseluruhan mencapai 74 persen dari total ketersediaan tempat duduk. Untuk hari ini KA tambahan masih mendukung operasional KAI.

"Total terdapat 71 KA yang berangkat dimana 32 KA berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 39 KA lainnya berangkat dari Stasiun Gambir," jelas Eva.

Baca Juga: Tiket subKelas, PT KAI Jual dengan Harga Lebih Rendah pada Arus Milir

Sementara berdasarkan data Jumat 28 April 2023, sekitar 690 ribu tiket untuk keberangkatan masa angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual.

Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 sampai dengan 24 April 2023.

Adapun, Besaran tarif terendah untuk kelas ekonomi Rp150 ribu, eksekutif Rp330 ribu, dan bisnis Rp280 ribu. Eva pun mengimbau masyarakat dapat segera memesan tiket tersebut.

Editor
Komentar
Banner
Banner