Arus Balik 2023

Program Tiket Murah KAI, Pemudik: Telanjur Beli yang Harga Normal

Namun, sayangnya Tiwi (32) mengaku tidak mengatahui informasi tersebut. Sebab, dirinya sudah membeli tiket balik ke Jakarta sejak jauh hari.

Featured-Image
Suasana arus balik mudik lebaran 2023 di stasiun pasar senen, Jumat (28/4). (Foto: apahabar/Leni)

bakabar.com, JAKARTA - PT KAI Daerah Operasional atau Daop 1 Jakarta memberikan tarif rendah untuk seluruh keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) ke berbagai tujuan.

Program tiket murah tersebut, melayani keberangkatan untuk tanggal 24 April hingga 3 Mei 2024 mendatang. Harga tiket murah itu kereta kelas eksekutif dimulai dari Rp310 ribu, sedangkan kelas ekonomi mulai dari Rp150 ribu.

Adapun program tarif rendah pada arus balik mudik 2023 itu, bertujuan untuk mendukung imbauan pemerintah agar masyarkat tidak terkonsentrasi melakukan perjalanan baik pada 24 dan 25 April.

Baca Juga: KAI Tawarkan Solusi buat Pemudik yang Kehabisan Tiket Kereta Api

Sayangnya sosialisiasi tiket murah itu tak dilakukan jauh hari. Tiwi (32) misalnya, tidak mengatahui informasi tersebut. Dirinya bahkan sudah membeli tiket balik ke Jakarta sejak jauh hari.

"Saya gak ngecek-ngecek lagi internet sih buat nyari promo. Soalnya pesan tiketnya dari dua minggu sebelum tanggal 28 ini," ungkap Tiwi saat ditemui bakabar.com, di Stasiun Pasar Senen, Jumat (28/4).

Melalui pemesanan daring, Tiwi mengeluarkan kocek sebesar Rp265 ribu. Dengan keberangkatan dari Stasiun Kebumen ke stasiun Pasar Senen.

"Karena masa cuti saya habis hari ini, siang sudah mulai kerja. Jadi waktu itu pesan tiket melalui online dan dapatnya di atas harga tiket promo itu," ungkap Tiwi.

Baca Juga: Tiket Kereta Angkutan Lebaran Idul Fitri, Daop 9 Jember Tersisa 57 Persen

Senasib, Pasangan suami istri Mulyana (43) dan Ridha (38). Mereka juga tidak bisa memanfaatkan kesempatan program Tiket murah dari KAI itu.

Sebelumnya, mereka sudah melakukan pemesanan tiket jauh hari sebelum KAI memberlakukan program itu. "Buat promonya sih sudah tahu, tapi gimana lagi, tiketnya sudah telanjur kita beli," ungkap Mulayana.

Mulayana pun tidak menyangka bahwa PT KAI akan memberlakukan program Tiket harga rendah. Pasalnya, pengalaman dari tahun sebelumnya, justru dia tak kebagian tiket kereta jika tidak memesannya lebih awal.

"Biasanya kalau beli tiket mepet-mepet tanggal keberangkatan gitu justru takut kehabisan. Padahal harga promonya lumayan murah," pungkasnya.

Baca Juga: Jadwal dan Syarat Pemesanan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2023

Berbeda dari keduanya, Mustofa (24) mengungkapkan rasa syukurnya karena bisa mendapat tiket kereta dengan harga murah. Kendati membelinya di waktu yang relatif mepet dengan hari keberangkatan.

"Tadinya sempat ragu buat balik ke Jakarta tanggal berapa, akhirnya nekat pesan tiketnya mepet sehari sebelumnya," ujar Mustofa kepada bakabar.com.

Lebih lanjut, kata dia, "Tadinya sempat mau balik ke Jakarta hari Senin biar harga tiket weekdays, tapi ternyata pas cek aplikasi KAI dapet harga yang lumayan murah," pungkasnya.

Baca Juga: Sampai Rabu Malam, Total Penumpang Kereta Api dari Jakarta Capai 41.900 Orang

Sebagaimana diketahui, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional atau Daop 1 Jakarta memberikan tarif rendah untuk seluruh keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) ke berbagai tujuan.

Program tiket murah atau tiket dengan harga rendah ini tersedia sejak 24 April sampai untuk keberangkatan di tanggal 3 Mei mendatang.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung.

Editor


Komentar
Banner
Banner