BENCANA LONGSOR

100 KK Korban Longsor Natuna Akan Direlokasi

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) siap merelokasi permukiman warga yang terdampak longsor di Natuna.

Featured-Image
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, bersama berinteraksi dengan warga pengungsi longsor Natuna.

bakabar.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan merelokasi permukiman warga yang terdampak longsor di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Saat rapat koordinasi bersama dengan Gubernur Kepulauan Riau H.Ansar Ahmad dan Bupati Natuna, Wan Siswandi di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Serasan, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan bahwa nantinya akan terdapat 100 Kepala Keluarga (KK) yang akan direlokasi.

“Akan memindahkan 100 kepala keluarga di tempat yang baru,” ujar Letjen TNI Suharyanto dalam keterangan resminya yang diterima bakabar.com, Jakarta (9/3).

Baca Juga: Jalan Trans Timor Putus Akibat Longsor, Transportasi Lintas Kabupaten Lumpuh

Suharyanto juga mengungkapkan bahwa saat ini untuk lokasi relokasi itu telah tersedia. Namun demikian, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya.

"Tanahnya sudah ada. Kami sedang proses koordinasi nanti dengan Kementerian PUPR,” terang Suharyanto.

"Biasanya kalau terjadi bencana di tempat lain, untuk relokasi yang membangun rumah ini dilakukan PUPR tentu saja bekerja sama dengan BNPB terkait penganggaran,” lanjutnya lagi.

Baca Juga: 8 Rumah di Sukabumi Rusak Tergerus Tanah Longsor

Adapun program relokasi tersebut, akan dilakukan setelah memasuki masa rehabilitasi dan rekonstruksi.

Untuk mempercepat proses relokasi itu, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto juga turut meminta kepada Pemerintah Kabupaten Natuna agar sesegera mungkin melakukan pendataan. Sehingga apabila telah memasuki masa rehabilitasi dan rekonstruksi, proses pembangunan dapat segera dimulai.

Editor


Komentar
Banner
Banner