Relax

10 Negara Paspor Terkuat di Dunia 2022, Indonesia di Posisi Berapa?

apahabar.com, JAKARTA – Sebuah perusahaan penasihat kewarganegaraan dan tempat tinggal global, Henley & Partners merilis hasil…

Featured-Image
Ilustrasi paspor. Foto-CNN via Detik.com

bakabar.com, JAKARTA – Sebuah perusahaan penasihat kewarganegaraan dan tempat tinggal global, Henley & Partners merilis hasil studi terbaru mereka terkait paspor di dunia 2022.

Mereka mengeluarkan daftar negara dengan paspor terkuat pada 2022. Laporan ini dibuat oleh Henley & Partners berdasarkan data eksklusif yang disediakan oleh Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).

IATA perusahaan yang berbasis di London ini telah rutin memantau paspor paling ramai perjalanan di dunia sejak 2006.

Melansir CNNIndonesia.com, berbeda dengan tahun sebelumnya, dari hasil laporan membuktikan ada kesenjangan yang melebar antara dunia bagian utara dan bagian selatan. Kesenjangan ini muncul akibat pembatasan perjalanan internasional karena Covid-19.

Indeks paspor tidak memperhitungkan pembatasan sementara sehingga mengesampingkan akses perjalanan aktual saat ini.

Pemegang paspor terkuat saat ini adalah negara Jepang dan Singapura karena secara teori mereka dapat melakukan perjalanan bebas visa ke 192 tujuan.

Negara-negara di Eropa mendominasi daftar teratas, seperti Prancis, Belanda, dan Swedia naik satu tempat bergabung dengan Austria dan Denmark.

Amerika Serikat dan Inggris yang memegang posisi teratas bersama-sama pada tahun 2014, telah mendapatkan kembali sedikit kekuatan. Mereka naik satu peringkat ke posisi nomor 6, bersama dengan negara lain seperti Swiss, Norwegia, Belgia, dan Selandia Baru.

Negara-negara Eropa Timur juga menempati 10 besar lainnya, seperti Hongaria dan Polandia di urutan nomor 8. Lithuania dan Slovakia naik ke urutan 9, dan Estonia, Latvia, dan Slovenia di posisi 10.

Berikut 10 daftar negara pemegang paspor terkuat di dunia 2022

1. Jepang dan Singapura (192 destinasi)
2. Jerman dan Korea Selatan (190 destinasi)
3. Austria, Denmark, Prancis, Belanda, dan Swedia (188 destinasi)
4. Irlandia dan Portugal (187 destinasi)
5. Belgia, Selandia Baru, Norwegia, Swiss, Inggris, dan Amerika Serikat (186 destinasi)
7. Australia, Kanada, Republik Ceko, Yunani, dan Malta (185 destinasi)
8. Polandia dan Hungaria (183 destinasi)
9. Lithuania dan Slovakia (182 destinasi)
10. Estonia, Latvia, dan Slovenia (181 destinasi)

Di mana posisi Indonesia?

Melansir Kompas.com, Indonesia menempati posisi ke-72 secara global dengan kemampuan mengakses 71 negara tanpa memerlukan visa.

Diketahui Indonesia berada di peringkat yang sama dengan Tunisia dan Zambia, yang sama-sama hanya bisa mengakses 71 negara tanpa visa.

Adapun di antara negara Asia Tenggara lainnya, Singapura berada di peringkat teratas, disusul Malaysia yang bertengger di posisi ke-12 dengan kemampuan mengakses 179 negara tanpa visa.

Di bawahnya, ada Brunei Darussalam yang menempati peringkat ke-22 dengan kemampuan mengakses 166 negara tanpa visa.



Komentar
Banner
Banner