News

Menengok Keseruan apahabar.com Fishing Tournament 2022 di Kolam H Mansyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Sedari pagi kolam pemancingan H Mansyah sudah ramai. Sekitar 400 ekor ikan mas…

Featured-Image
Seorang peserta apahabar.com Fishing Tournament 2022 memamerkan hasil tangkapannya. Foto-foto: apahabar.com/Syahbani

bakabar.com, BANJARMASIN – Sedari pagi kolam pemancingan H Mansyah sudah ramai. Sekitar 400 ekor ikan mas berbagai ukuran dilepas. Bahkan ada yang beratnya mencapai 2 kilo lebih.

Di lain sisi, 70 orang tengah bersiap dengan pancingnya masing-masing. Tak lupa umpan paling jitu racikan sendiri disiapkan bercampur doa dengan harapan bisa menang lomba.

“Enggak boleh pakai esen (campuran pemikat ikan),” ujar Evan selaku pengelola kolam pancing saat menyampaikan aturan bakabar.com Fishing Tournament 2022.

Diikuti puluhan peserta, lomba mancing akbar kali ini digelar di kolam milik H Mansyah, Jalan Airmantan, Gang Sudimulyo 2, Banjarmasin Barat, Minggu (29/5).

Tua, remaja, hingga anak-anak membaur menjadi satu. Mereka datang dari segala penjuru, tak hanya Banjarmasin tapi juga kabupaten dan kota tetangga.

Mereka datang untuk beradu peruntungan mendapat ikan mas hasil pancingan dengan total terberat. Jika beruntung, hadiah lomba jutaan rupiah menanti.

Usai dibuka Sekretaris Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman sekitar pukul 10 siang, keriuhan lomba mulai terlihat.

Masing-masing peserta sigap melempar mata kailnya ke dasar kolam. Tak berlangsung lama teriakan para peserta nyaring terdengar.

“Kanan-kanan,” kata salah seorang peserta memberi kode rivalnya di sebelah kanan agar berhati-hati jangan sampai tali pancingnya terlilit.

Celetukan berisi candaan dari peserta membuat lomba terasa begitu hangat.

“Jangan disisit (jangan ditarik),” celetuk peserta lain di seberang kolam diiringi tawa peserta lainnya.

“Di sini yang penting silaturahmi. Bisa ngumpul kawan-kawan. Soal rezeki itu sudah ada yang ngatur,” kata salah seorang peserta, Arif alias Gondang warga asal Gunung Sari.

Hal senada disampaikan Samsir. Pria asal Kampung Gedang ini sengaja mengikuti lomba untuk bertemu dengan teman satu hobi.

“Harapan menang pasti. Tapi mancing ini sebenarnya silaturahmi. Yang paling penting ngumpul,” imbuhnya.

Kendati demikian, Samsir tak menampik bahwa harapan memenangkan lomba tentu ada. Sejak kemarin persiapan pun telah dilakukannya.

“Persiapan yang paling penting adalah mental. Kalau umpan sih biasa saja,” pungkas pria yang akrab disapa “Pak RT” itu.

Lomba memancing yang diadakan ini merupakan kali pertama diadakan bakabar.com.

Meski begitu antusiasme peserta lomba cukup tinggi. Itu tergambar dari penuhnya slot untuk pendaftaran peserta.

Ketua Panitia Pelaksana, Budi Ismanto mengakui salah satu tujuan lomba diadakan adalah untuk mempererat tali silaturahmi.

Selain itu yang tak kalah penting adalah tujuan diadakannya lomba itu sendiri guna memacu pengembangan wisata alternatif.

“Harapan ini menjadi perhatian pemerintah kota. Agar wisata pancing di daerah kita bisa semakin berkembang seperti di kota-kota maju lain,” harapnya.

Selain trofi dan piagam penghargaan, panitia penyelenggara bakabar.com Fishing Tournament 2022 juga menyiapkan hadiah perlombaan dengan total Rp30 juta.

Rinciannya, juara pertama Rp9 juta, Juara dua Rp6 juta, juara tiga Rp5 juta, juara empat Rp4 juta, juara lima Rp3 juta, juara enem Rp2 juta dan ikan terbanyak Rp1 juta.

Menariknya, bakabar.com Fishing Tournament 2022 bakal kembali digelar secara berkelanjutan. Di mana rencana pada Agustus nanti lomba serupa bakal digelar untuk memeringati hari kemerdekaan.

Komentar
Banner
Banner