Tak Berkategori

Kinerja Pembangunan di Tanah Laut Dievaluasi

apahabar.com, PELAIHARI – Pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) tahun anggaran 2019 dimonitoring dan…

Featured-Image
Dahnial Kifli saat membuka Monev Hasil Pembangunan 2019. Foto-Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI - Pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) tahun anggaran 2019 dimonitoring dan dievaluasi (Monev).

Monev dibuka oleh Sekretaris Daerah Dahnial Kifli di gedung Sarantang Saruntung Setda Tala, Selasa (04/02).

Baca Juga: Dahnial Kifli Minta Jantung Kota Pelaihari Dipercantik

Kegiatan itu, menghadirkan narasumber dari Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Andris Evony, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Surya Arifani, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) M Darmin, dan Kepala Inspektorat Sutrisno.

Dahnial Kifli mengatakan saat ini visi dan misi Bupati dan Wabup terpilih dijadikan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Tala untuk kemudian dilanjutkan menyusun RKPD dan kemudian RPJMD, RENSTRA, juga RENJA.

Ia menjelaskan semua ASN mengetahui tahapan-tahapan tersebut mulai dari merencanakan, mengorganisir, melaksanakan, dan memonitoring.

Kendati demikian, pihaknya menyadari fakta di lapangan memang berbeda. Banyak kendala-kendala baik itu perencanaan yang tidak matang, perencanaan yang tertekan, maupun perencanaan yang berkepentingan.

"Kita mempunyai pimpinan, sehingga acuan dan pedoman kita puncaknya adalah pada visi dan misi," ujarnya.

Untuk itu pihaknya, menekankan peran pimpinan SKPD untuk mengatur kegiatan yang menjadi prioritas. Lain halnya dengan kecamatan yang dapat merasakan untuk mencapai sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat.

"Mulai dari musrenbang tingkat desa hingga pusat teorinya seperti itu dan dasar hukumnya ada. Hari ini pun kita melaksanakan monitoring dan evaluasi ada dasar hukumnya," jelasnya.

Monitoring dan evaluasi tersebut harus berjalan selaras, sehingga diharapkan saat kegiatan Manunggal Tuntung Pandang bukan hanya sarasehan, tetapi masyarakat juga diberi peluang untuk menyampaikan proposal.

"Saya akan mengevaluasi program 2019 dan mensosialisasikan program 2020," tutupnya.

Baca Juga: Sukamta Teken Kerjasama dengan PLN

Reporter: Ahc14
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner