Tak Berkategori

Harga Bawang Putih di Pontianak Mulai Melonjak

apahabar.com, PONTIANAK – Harga bawang putih di Pasar Flamboyan Pontianak saat ini melonjak naik secara signifikan…

Featured-Image
Pembeli tengah memilih bawang di Pasar Flamboyan Pontianak. Foto-Antara

bakabar.com, PONTIANAK – Harga bawang putih di Pasar Flamboyan Pontianak saat ini melonjak naik secara signifikan mencapai Rp60.000 per kilogram.

"Harga normal bawang putih sebelumnya Rp32.000 per kilogram karena barang ini dari China dan sekarang lagi ditutup harganya menjadi Rp60.000 per kilogram," ujar satu di antara pedagang Pasar Flamboyan, Pontianak, Indra, Selasa (4/2).

Untuk harga cabe rawit juga mengalami kenaikan yang signifikan, harga normal berkisar dari harga Rp65.000 per kilogram. Kini Rp70.000 hingga Rp90.000 per kilogram.

Baca Juga: Setoran Haji di Bank Kalsel Syariah Melonjak Drastis, Tembus Rp15,6 M

"Harga cabe semalam masih Rp65.000 per kilogram, sekarang naik Rp70.000 per kilogram dan bisa saja harga cabe ini terus naik Rp90.000 per kilogram, penyebab harga cabe rawit naik ini saya belum tahu,”kata dia.

Kenaikan harga juga mencolok terjadi pada daging ayam, kisaran harga normal empat hari sebelumnya Rp23.000 per kilogram. Sekarang kisaran Rp30.000 per kilogram.

"Harga daging ayam sebenarnya saat ini naik turun,sebelumnya hari Imlek harga daging ayam masih Rp23.000 per kilogram, sekarang naik Rp30.000 per kilogram,” ujar pedagang ayam, Mak Long.

Sementara untuk harga pangan lainnya di pasar Flamboyan masih harga stabil seperti harga bawang merah Rp34.000 per kilogram dan harga telur kisaran harga dari Rp1.300 sampai 1.600 per butir.

Satu di antara warga Pontianak, Ida berharap dengan adanya gejolak harga di tengah masyarakat bisa segera disikapi lebih cepat oleh pemerintah. Menurutnya ia sempat terkejut terutama ketika membeli bawang putih tembus Rp40.000 per kilogram.

“Harga – harga mulai naik. Tentu kita khawatir. Ini perlu solusi terutama bawang. Semoga pemerintah membuat kebijakan antisipasi. Kita juga tahu bahwa untuk bawang putih memang dari China dan berharap ada solusi,” jelas dia. (ant)

Baca Juga: Hipmi Siap Lahirkan Sentra Ekonomi Desa

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner