Tak Berkategori

Disdikbud Tala Sosialisasi Aturan Ujian Sekolah ke Kepsek  

apahabar.com, PELAIHARI – Tak ingin ujian sekolah tingkat SD atau MI di Tanah Laut (Tala) mengalami…

Featured-Image
Sekretaris Disdikbud Tala H Dana Saputra saat membuka Sosialisasi Ujian Sekolah Tingkat SD/MI se-Kabupaten Tanah Laut Tahun Pelajaran 2019/2020, Rabu (29/1) di Aula Disdikbud Tala. Foto-Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI - Tak ingin ujian sekolah tingkat SD atau MI di Tanah Laut (Tala) mengalami kendala, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat menggelar sosialisasi ke sejumlah kepala sekolah (kepsek).

Sosialisasi ujian sekolah tahun pelajaran 2019-2020 itu berlangsung di Aula Disdikbud Tala, Rabu (29/1).

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Tala, Maslani, S.Pd. menyampaikan kegiatan tersebut adalah awal dari rangkaian persiapan ujian sekolah SD/MI yang akan dilaksanakan dari 13 sampai 18 April 2020. Peserta merupakan Kepala Sekolah SD/MI sederajat se Kabupaten Tala.

Baca Juga: Jembatan Jalan Soekarno Angker Bagi Pengendara

Pada sesi pertama sosialisasi diberikan untuk Kepala Sekolah SD/MI dari 6 kecamatan, yaitu Kintap, Jorong, Panyipatan, Bumi Makmur, Kurau, dan Bati-bati.

Sedangkan sesi kedua dimulai mulai pukul 12.30-16.30 Wita yang diikuti Kepala Sekolah dari Kecamatan Pelaihari, Takisung, Batu Ampar, Bajuin, dan Tambang Ulang.

Sementara Sekretaris Disdikbud Tala, H Dana Saputra S.Pd. dalam sambutannya menjelaskan, ujian sekolah tahun ini sebenarnya dilaksanakan dengan syarattertentu. Hal ini berdasarkan kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

img

Disdikbud Tala Sosialisasi Aturan Ujian Sekolah ke Kepsek

Namun berhubung di Kabupaten Tala belum siap dengan teknis penilaian pengganti untuk para siswa dan anggaran pun sudah terlanjur tersedia, maka tahun ini ujian tetap dilaksanakan.

Ia menambahkan tahun depan mungkin kebijakan akan berbeda. Namun secara rinci ia belum mampu ia menjelaskan, karena masih dalam tahap persiapan. Namun secara garis besar berdasarkan kebijakan-kebijakan baru Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, ke depannya siswa akan dinilai oleh guru secara menyeluruh.

“Tidak hanya kemampuan dari menjawab soal pilihan ganda saja, tapi sikap budi pekerti pun akan menjadi tolak ukur penilaian ujian sekolah,” katanya.

Lebih lanjut, kepsek diimbau agar melanjutkan sosialisasi tersebut kepada orang tua dan siswa perihal pentingnya mempersiapkan ujian sekolah, terutama untuk orang tua agar bisa mengajak anaknya belajar dan menjaga dari kebiasaan tidak baik di lingkungan kesehariannya.

“Sosialisasikan pentingnya ujian sekolah ini, soal sudah disiapkan, tinggal mengatur strategi bagaimana supaya anaknya siap untuk ujian sekolah ini,” imbaunya.

Baca Juga: Paman Birin dan Sukamta Hadiri Haul Al Habib Umar bin Husein Alaydrus

Reporter: Ahc14Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner