Tak Berkategori

Warga Geronggang dan Sembilang Kotabaru Kirim 7 Truk Kayu Bakar untuk Haul Guru Sekumpul ke 15

apahabar.com, KOTABARU – Jelang pelaksanaan haul ke 15 KH Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul…

Featured-Image
Warga Geronggang dan warga Sembilang Kotabaru mengirim tujuh truk kayu bakar untuk Haul Guru Sekumpul, Martapura. Foto-Istimewa

bakabar.com, KOTABARU – Jelang pelaksanaan haul ke 15 KH Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul antusiasme warga untuk ikut berpartisipasi sangat tinggi. Seperti warga Desa Geronggang, Kotabaru yang akan ikut mengirim kayu bakar untuk keperluan memasak panitia di Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar.

H Sabirin, salah satu tokoh agama dan takmir Masjid Desa Geronggang mengatakan, pengiriman kayu bakar tersebut merupakan bentuk kecintaan masyarakat Geronggang dan Desa Sembilang terhadap Guru Sekumpul Martapura.

“Kami hanya berharap berkah dari waliyullah. Semoga dengan partisipasi pada peringatan haul tahun ini kita semua diberikan keberkahan. Di kampung kita, dan Kotabaru dituruni rahmat dari Allah SWT,” tutur H Birin, kapada bakabar.com, Senin (16/12) siang.

Menurutnya, bantuan ini semua merupakan inisiatif dari Kades Geronggang, dan para tokoh agama, pengurus Masjid Al Ikhlas di Desa Geronggan, ditambah warga Desa Sembilang.

“Kami kemarin sudah ngirim kayu bakar sebanyak lima truk. Desa Sembilang dua truk. Semua kami bagikan ke dapur-dapur umum yang ada di sekitar Sekumpul. Semoga ini semua bermanfaat, dan kita tercatat sebagai muslim yang mencintai ulama,” harapnya menutup.

Sosok Guru Sekumpul semasa hidup memang sangat berjasa dalam menyebarkan syiar Islam. Tak sedikit jemaah yang datang ke Sekumpul saat pengajian beliau digelar, tiap dua pekan sekali.

Guru Sekumpul dilahirkan pada malam Rabu 11 Februari 1942 (27 Muharram 1361 Hijriyah) di desa Tunggul Irang, Martapura, Kabupaten Banjar dari pasangan suami-istri Abdul Ghani bin Abdul Manaf bin Muhammad Seman dengan Hj Masliah binti H Mulia bin Muhyiddin. Guru Sekumpul sendiri wafat pada 10 Agustus 2005 silam.

Guru Sekumpul merupakan keturunan ke-8 dari ulama besar Banjar, Maulana Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al Banjari. Adapun silsilahnya adalah: Muhammad Zaini bin Abdul Ghani bin Abdul Manaf bin Muhammad Seman bin Muhammad Sa'ad bin Abdullah bin Mufti Muhammad Khalid bin al-Alim al-Allamah al-Khalifah Hasanuddin bin Syaikh Muhammad Arsyad bin Abdullah al-Banjari.

Guru Sekumpul merupakan anak pertama, sedangkan adiknya bernama Hj. Rahmah. Beliau memiliki dua orang putra, yaitu Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali. Keduanya kini jadi sosok pengganti almarhum Guru Sekumpul untuk memimpin majelis maulid habsyi dan pembacaan burdah. Maulid habsy dilakukan saban Minggu malam dan pembacan burdah digelar Kamis malam setiap habis magrib.

Baca Juga: Resmi, Panitia Rilis Stiker dan Jalur yang Dilewati Jemaah Haul Guru Sekumpul ke 15

Baca Juga: Warga Pengaron Siapkan 30 Truk Kayu Bakar untuk Haul Sekumpul ke 15

Reporter: Ahc20
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner