Pemkab Tanah Bumbu

Pacu Kualitas SDM, Disdagri Tanbu Latih Servis Handphone

apahabar.com, BATULICIN – Menumbuhkan industri kecil menengah, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar…

Featured-Image
Disdagri Tanah Bumbu menggelar pelatihan servis handphone di kantor UPT Pasar Pusat Niaga Bersujud, Kecamatan Simpang Empat, dari 28 hingga 30 Oktober 2019 kemarin. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Menumbuhkan industri kecil menengah, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar pelatihan servis handphone.

Pelatihan dilaksanakan dari 28 hingga 30 Oktober 2019 kemarin di kantor UPT Pasar Pusat Niaga Bersujud, Kecamatan Simpang Empat.

“Pelatihan servis handphone dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas serta wawasan sumber daya manusia (SDM) agar dapat memenuhi permintaan pasar di era persaingan global,” ujar Kepala Disdagri Tanah Bumbu, Deny Harianto, melalui Kabid Perindustrian, Fityanto, kepada bakabar.com, Kamis (31/10).

Saat ini, usaha servis handphone sangat menjanjikan. Hal tersebut dilihat dari semua lapisan masyarakat mulai dari kalangan atas, menengah, hingga bawah yang memiliki handphone. Apalagi kaum milenial.

Namun demikian, handphone tidak selamanya dalam kondisi baik, tapi ada masanya rusak dan perlu perbaikan.

“Pemerintah daerah menangkap peluang usaha yang menjanjikan ini, melalui pelatihan yang dilakukan untuk bisa memanfaatkan SDM di Bumi Bersujud,” sebutnya.

Selain dilatih cara servis handphone, peserta juga menerima bantuan hibah seperangkat alat servis dari pemerintah daerah. 10 alat servis diserahkan langsung oleh Kepala Disdagri Tanah Bumbu, Deny Haryanto.

“Hibah alat tersebut untuk melancarkan usaha peserta pelatihan,” tuturnya.

Setelah pelatihan dan penyerahan hibah pihak Disdagri akan melakukan evaluasi dengan datang langsung ke tempat usaha peserta pelatihan servis handphone. Ini dilakukan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha.

“Jika kendala berkaitan dengan dana, maka Disdagri siap membantu dalam hal fasilitasi ke lembaga keuangan untuk tambahan modal usaha,” terang Fityanto.

Kegiatan pelatihan servis handphone bekerjasama dengan Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) Tanah Bumbu. Sedangkan narasumber pelatihan didatangkan langsung dari Banjarmasin.

Baca Juga: Kaltim Ibu Kota, Kadin Kalsel Soroti Kesiapan SDM dan Infrastruktur Kalsel

Baca Juga: Kekurangan SDM APIP, Inspektorat HST Gandeng BPKP Kalsel

Baca Juga: Tingkatkan SDM Berkualitas, Pemprov Kalsel Dukung Kerjasama Lembaga Pendidikan Profesional

Reporter: Ahc21
Editor: Fariz Fadhillah

Komentar
Banner
Banner