Nasional

Jokowi Izin Pindah Ibu Kota ke Kalimantan

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato kenegaraan dalam sidang bersama Dewan Perwakilan Rakyat…

Featured-Image
Presiden Joko Widodo dalam sidang DPR dan DPD di gedung parlemen, Jumat (16/8). Foto-Liputan6.com

bakabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato kenegaraan dalam sidang bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di gedung parlemen, Jumat (16/8/2019).

Di hadapan ratusan anggota DPR dan DPD, Jokowi meminta izin untuk memindahkan Ibu Kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan. Hal ini sesuai dengan rencana yang digaungkan selama ini.

“Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan Ibu Kota negara kita ke pulau Kalimantan,” tegas Jokowi yang disiarkan televisi.

Jokowi menegaskan, Ibu Kota baru nantinya tidak hanya menjadi simbol identitas bangsa. Tapi juga representasi kemajuan bangsa Indonesia. Terutama dalam mewujudkan pemerataan dan keadilan.

“Ini demi visi Indonesia maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya,” tegas Jokowi.

Sayangnya, meskipun sudah meminta izin memindahkan Ibu Kota, Jokowi tidak secara spesifik menyebut lokasi calon Ibu Kota baru.

Beberapa waktu lalu, Jokowi memang menyebut bahwa calon Ibu Kota baru telah mengerucut. Namun, kepala negara sampai saat ini masih merahasiakan calon Ibu Kota baru.

Sementara itu lagi, sebelumnya Jokowi, kata Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, sudah memintanya untuk menyiapkan lahan pemindahan ibu kota sejak 2017 silam.

"Waktu itu Pak Jokowi datang menghadiri pesta laut Mappanretasi, beliau menayakan apakah di sini (Kalsel) ada lahan seluas 300 ribu hektare untuk di jadikan ibu kota," kata Paman Birin, sapaan Sahbirin, dalam siaran langsung TVRI, Kamis siang.

Birin mengakui sudah lama mengetahui isu pemindahan ibu kota ke Kalimantan, namun baru fokus setelah Presiden menghadiri pesta laut di Tanah Bumbu itu pada 2017 lalu.

Dirinya lalu bergegas membuat tim survei lokasi calon ibu kota baru. Hasilnya ada dua titik yang dinilai sesuai dengan kriteria Bappenas, dan direkomendasikan dikaji mendalam.

Baca Juga: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Paman Birin Diminta Jokowi Siapkan Lahan

Baca Juga: Banjarmasin Dukung Rencana Ibu Kota Pindah ke Kalimantan

Baca Juga:Jepang Intip Rencana Perpindahan Ibu Kota ke Kalimantan

Baca Juga: Di Momentum Iduladha, Paman Birin Masih Berharap Kalsel Jadi Ibu Kota Baru

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner