Tak Berkategori

Tiga Siswa SMK 2 Kandangan Wakili Kalsel LKS Nasional

apahabar.com, KANDANGAN – Tiga siswa SMK 2 Kandangan mewakili Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti Lomba Keterampilan Siswa (LKS)…

Featured-Image
Tiga siswa SMK 2 Kandangan saat bersilaturrahmi dengan Bupati HSS. Foto-Humas Pemkab HSS

bakabar.com, KANDANGAN – Tiga siswa SMK 2 Kandanganmewakili Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti Lomba Keterampilan Siswa (LKS) SMK tingkat nasional ke XXVII yang akan digelar mulai tanggal 7 hingga. 13 Juli 2019 di Yogyakarta.

Ketiga siswa berprestasi tersebut yakniAgus Maulana, Muhammad Yusuf dan Irliansyah. Sebelum mengikuti LKS nasional, mereka berkesempatan berkunjung ke Kantor Bupati HSS, H Achmad Fikry, Rabu (3/7) siang.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS Nordiansyah S.Sos M.Si yang mendampingi ketiga siswa berprestasi tersebut mengatakan,mereka akan mengikuti lomba dibidangnya masing-masing. Seperti Irliansyah akan ikut lomba Wall and Floor Tiling, Agus Maulana akan turun Cabinet Making sedangkan Muhammad Yusuf ikut pada lomba Bricklaying.

Seperti tradisi tahun sebelumnya SMK 2 Kandangan selalu berhasil menempatkan siswanya sebagai juara dibidang lomba masing-masing kecuali dibidang lomba cabinet making yang baru pertama diikuti.

“Bidang cabinet making ini memang tidak ada spesifikasi di SMK 2 Kandangan dan dengan peralatan praktik yang belum memadai namun SMK 2 Kandangan tetap mampu menempatkan siswanya untuk ikut berlomba,” katanya.

Sementara itu, Bupati HSS H Achmad Fikry menyatakan rasa syukur dan terima kasih tahun ini SMK 2 Kandangan kembali bisa menghantarkan siswanya untuk ikut lomba keterampilan siswa tingkat provinsi.

Bupati berharap ketiga bidang lomba yang diikuti nanti akan mampu dimenangkan oleh siswa SMK 2 Kandangan karena bidang lomba yang dipertandingkan itu sudah menjadi langganan direbut oleh SMK 2 Kandangan sebagai juara kecuali lomba cabinet making yang baru pertama diikuti.

Untuk spesifikasi cabinet making, Bupati mengatakan, kedepan akan mencari format yang bisa dilakukan Pemkab HSS untuk bisa membantu peralatan di SMK 2 Kandangan.

Walaupun kewenangan SMK ini dibawah pemerintah provinsi, namun untuk menunjang bakat anak-anak HSS tentunya kebijakan ini dapat dilakukan sesuai dengan protap yang berlaku.

"Jangan sampai karena terkendal alat, anak-anak kita terkendala juga mengembangkan kompetensinya," ujarnya.

Bupati juga berpesan kepada tiga orang siswa tersebut untuk sebisa mungkin mempersiapkan diri mengikuti arahan-arahan yang disampaikan oleh guru pendamping. Khusus untuk yang ikut lomba cabinet making ini adalah kesempatan melihat kemampuan orang lain yang katanya berstandar olimpyc, melihat untuk dijadikan pengalaman.

"Kalau orang bisa kita harus bisa, kalau ada kelemahan kita dialat misalnya bisa kita pikirkan kedepan untuk dilengkapi," kata Bupati.

Bupati juga mengingatkan kepada ketiga siswa tersebut agar setelah lulus sekolah untuk tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Semangat untuk kuliah itu harus ada jangan sampai terpaku pada posisi yang ada. Bupati pun mengatakan akan terus mengawal anak-anak HSS yang berprestasi untuk bisa mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi.

Sementara itu salah seorang Guru Pembimbing Adi Priono mengatakan kesiapan yang dilakukan adalah terus memberikan pelatihan semenjak mereka kelas 3 sampai tamat.

Ketiga siswa ini mengikuti jejak kakak tingkatnya yang menjadi juara dan saat ini sedang melakukan pemusatan latihan mewakili Indonesia pada lomba LKS tingkat internasional di Rusia tanggal 22 -27 Agustus mendatang atas nama Muhklis (bidang lomba Bricklaying) dan Ahmad Sayuti (bidang lomba Wall and Floor Tiling).

Baca Juga:Libur Sekolah, PKK HSS Gelar Sunatan Massal

Baca Juga: Pemkab HSS Gelar Supervisi LKPM Online

Baca Juga: Ikuti Harganas 2019, Pemkab HSS Boyong Lamang Bahintalu Langsung dari Kandangan

Baca Juga: Bupati HSS Raih Anugerah Satyalancana Pembangunan

Reporter: Simah
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner