Pemkab Tanah Bumbu

Ingin Menulis Novel? Gol A Gong Sarankan Kuasai Ilmu Ini

apahabar.com, BATULICIN – Sastrawan Gol A Gong menilai setiap orang yang ingin memiliki kemampuan menulis yang…

Featured-Image
Penulis, Gol A Gong. Foto-Net

bakabar.com, BATULICIN – Sastrawan Gol A Gong menilai setiap orang yang ingin memiliki kemampuan menulis yang baik harus menguasai ilmu jurnalistik dengan baik. Melalui ilmu jurnalistik, seseorang bisa belajar menulis novel, cerpen, termasuk travel writting.

“Ilmu jurnalistik ini dasarnya sebelum mau menulis novel atau travel writting,” sebut Gol A Gong, saat memberikan pelatihan menulis feature sastrawi di SMPN 1 Kusan Hilir, Rabu (17/07/2019).

Baca Juga: Sambut Kedatangan Gol A Gong, Dinas Pendidikan Tanbu: Semoga Tumbuh Iklim Menulis di Masyarakat

Di hadapan 30-an peserta, Gol A Gong menyampaikan dasar-dasar jurnalistik seperti rumus 5W+1H. Namun, menurut dia, hal yang sering kali terlupakan di dunia jurnalistik dasar adalah pembahasan tentang nilai berita. Dengan memperhatikan berita yang memiliki dampak yang besar, tulisan tersebut akan berpengaruh terhadap masyarakat.

“Saya pernah menulis tentang kebiasaan warga di salah satu kota di Pulau Jawa yang masih BAB sembarangan. Di era modern seperti ini, ternyata masih ada warga yang BAB sembarangan. Itu Walikotanya langsung kena. Jadi, jangan cuma menulis tentang kegiatan pemerintahan saja,” katanya.

Melalui ilmu jurnalistik, Gol A Gong mengajak peserta untuk mencatat kegiatan mereka saat berkunjung ke setiap kota. Hal itulah yang dimaksud dengan travel writting. Gol A Gong menambahkan, travel writting dapat ditulis dengan gaya feature sastrawi yakni menggunakan cara menulis bergaya sastra.

Baca Juga: Kunjungi Tanbu, Ini yang Dilakukan Sastrawan Gol A Gong Besok

“Jadi cara menulisnya seperti menulis novel,” katanya.

Reporter: Puja Mandela
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner