Tak Berkategori

Ziarah ke Makam Datu Surgi Mufti

apahabar.com, BANJARMASIN – Momen libur Lebaran acapkali manfaatkan umat muslim untuk berziarah, mendatangi makam keluarga, orang…

Featured-Image
Sejumlah masyarakat melakukan ritual ziarah ke makam Datu Surgi Mufti. Foto-apahabar.com/AHC07

bakabar.com, BANJARMASIN - Momen libur Lebaran acapkali manfaatkan umat muslim untuk berziarah, mendatangi makam keluarga, orang tua, bahkan ke makam para wali Allah.

Salah satunya yang menjadi tujuan para peziarah adalah makam salah satu wali yang berada di kawasan Jalan Sungai Jingah, Kelurahan Surgi Mufti, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Adalah makam Syekh Jamaluddin Surgi Mufti Al Banjari atau yang lebih dikenal dengan Datu Surgi Mufti. Beliau seorang ulama yang hidupnya dihabiskan untuk menyebarkan syiar agama Islam di Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin.

Ahmad Nur, ahli waris dari Datu Surgi Mufti mengatakan, momen Lebaran makam Datu Surgi Mufti selalu ramai didatangi peziarah dari berbagai macam kalangan. “Kebanyakan peziarah yang datang bersama dengan rombongan keluarga,” ujarnya.

Bahkan, para peziarah yang datang tidak hanya dari Banjarmasin saja, banyak juga peziarah yang datang dari luar kota ini.

Salah satunya Dillah, peziarah yang datang dari Barabai. Dirinya datang bersama temannya untuk mengunjungi makam orang yang dicintai Allah itu.

“Untuk menghargai jasa-jasa beliau yang sudah menyebarkan agama Islam di banua kita, makanya kami menyempatkan diri berziarah," ungkapnya.

Biasanya peziarah datang silih berganti dari pagi hingga malam. Beberapa dari mereka membawakan bunga dan menaburkannya di samping-samping makam. Kemudian peziarah membaca Surat Yasin dan ayat pendek serta doa-doa tahlil.

Baca Juga:Sosok Amir Husin yang Makamnya di Lampihong Ramai Diziarahi

Baca Juga:Kuburan Massal Korban Jumat Kelabu Sepi Peziarah

Reporter: AHC07
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner